Tour de Singkarak tempuh jarak 1.250 kilometer

Tour de Singkarak tempuh jarak 1.250 kilometer

ilustrasi Tim Juara Tim Tabriz Petrochemical Cycling menyusuri etape ke-7 dengan rute Padang Pariaman - Padang dalam Tour de Singkarak 2013, Sumatera Barat, Minggu (9/6). (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Pada TdS 2014 ini, pebalap akan melalui rute sepanjang 1.250 kilometer yang terbagi dalam sembilan etape, dan melibatkan 18 kabupaten/kota di Sumbar"
Padang (ANTARA News) - Rute event balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) di Sumatera Barat yang akan digelar pada 7-15 Juni menempuh jarak 1.250 kilometer.

"Pada TdS 2014 ini, pebalap akan melalui rute sepanjang 1.250 kilometer yang terbagi dalam sembilan etape, dan melibatkan 18 kabupaten/kota di Sumbar" kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Indonesia Sapta Nirwandar saat soft lounching TdS 2014 di Padang, Minggu.

Ia mengatakan, dibanding penyelenggaraan TdS 2013, yang berjarak 1.000 kilometer dengan 17 daerah yang dilalui, tahun ini panjang rute bertambah karena adanya tambahan daerah yang akan dilalui peserta, yakni Kabupaten Pasaman Barat.

Dikatakannya, pada penyelenggaraan TdS yang ke-enam di Ranah Minang itu, etape pertama akan dimulai di Kabupaten Padang Pariaman dan finish di Kota Pariaman tepatnya di Pantai Gondoriah yang menjadi salah satu ikon wisata daerah itu.

"Di Kabupaten Padang Pariaman sekaligus tempat pembuka ajang itu. Total panjang etape pertama ini sejauh 116 kilometer," katanya.

Sementara itu pada etape dua yang dimulai pada 8 Juni, start akan dimulai di Kabupaten Pasaman dan finis di Kabupaten Pasaman Barat, dengan panjang rute 143 kilometer.

Pada etape tiga, pebalap akan menempuh rute sepanjang 121 kilometer, pada etape itu pertandingan akan dimulai di Kabupaten Limapuluh Kota dan finis di Kabupaten Tanah Datar.

Di etape empat, Kota Bukittingi menjadi tempat start selanjutnya akan finis di Kabupaten Agam, dengan panjang rute 181 Kilometer.

Etape lima pada ajang itu menempuh rute sejauh 121 kilometer, dimulai di Kota Payakumbuh, finis di Kabupaten Solok. Etape enam menempuh jarak sejauh 135 kilometer, dimulai di Kota Padang Panjang dan finis di Kota Solok.

Kabupaten Sijunjung menjadi tempat start pada etape tujuh, rute ini finis di Kabupaten Dharmasraya, panjang rute itu yakni 125 kilometer.

Sementara itu pada etape delapan dan sembilan, masing -masing etape berjarak 183 kilometer dan 125 kilometer.

Etape Sembilan akan dimulai di Kabupaten Pesisir Selatan dan finis di Kota Padang sekaligus tempat penutupan event tahunan itu.

Ia mengatakan, semua jalur itu akan disiapkan satu bulan jelang pelaksanaan ajang TdS.(*)

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Tour de Singakarak harus dongkrak perekonomian masyarakat

Komentar