Jakarta (ANTARA News) - Film animasi Disney "Frozen" menembus rekor sebagai film animasi dengan laba kotor terbesar dalam sejarah box office. Hal tersebut dikemukakan Disney, Minggu, setelah keuntungan film animasi secara global menembus angka satu miliar dolar AS.

Seperti dilansir Reuters, Disney mengungkapkan penjualan tiket "Frozen" di teater dalam negeri (AS dan Kanada) mencapai 398,4 juta dolar AS sejak ditayangkan 27 November silam. Sementara itu, hasil penjualan tiket di bioskop luar negeri menambah keuntungan sebesar 674 juta dolar AS sehingga totalnya menjadi 1,072 miliar dolar AS.

"Frozen" yang terinspirasi dari dongeng Putri Salju mengisahkan puteri raja Skandinavia yang ingin menyelamatkan kakaknya, Sang Ratu, yang memiliki kekuatan membekukan barang-barang lewat tangannya. Sang Ratu tidak sengaja membuat salju abadi yang menghancurkan kerajaan mereka.

"Frozen" mengalahkan rekor "Toys Story 3" pada 2010 yang sebelumnya meraup laba penjualan sebesar 1,063 miliar dolar AS menurut data Boxofficemojo.com. Kedua film tersebut didistribusikan oleh Walt Disney Pictures.

"Frozen" kini telah menempati 10 film teratas di tangga film box office domestik selama lebih dari tiga bulan, juga menjadi film dengan laba kotor terbesar dalam sejarah sinema di urutan ke-10.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014