Dalang Asep Sunandar Sunarya wafat

Dalang Asep Sunandar Sunarya wafat

Dokumen foto Ki Asep Sunandar Sunarya mementaskan wayang golek berlakon "Narayana Ngalalana" di Teater Terbuka Taman Budaya Jawa Barat, Bandung, Jumat malam (27 Desember 2013). (ANTARA/Agus Bebeng)

Beliau meninggal di rumah sakit, dan menurut dokter akibat serangan jantung."
Bandung (ANTARA News) - Dalang kondang wayang golek khas Sunda Ki Asep Sunandar Sunarya (58) wafat di Rumah Sakit Al Ihsan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin, sekira pukul 14.00 WIB karena serangan jantung.

Menurut asisten Asep, Jajang Rukmana, di Bandung, Senin, dalang kreatif dan komunikatif tersebut merasakan nyeri dada saat berada di rumahnya sehinggalangsung dibawa ke rumah sakit terdekat.

"Beliau meninggal di rumah sakit, dan menurut dokter akibat serangan jantung," katanya.

Ia menimpali, "Abah Asep memang memiliki riwayat penyakit jantung, dan rencananya keluarga akan membawa berobat ke Singapura pada 13 April 2014. Namun, Allah menentukan lain."

Asep Sunandar Sunarya adalah maestro dalang wayang golek yang mampu membuat sosok wayang menjadi lebih atraktif dan komunikatif dengan penonton, misalnya membuat mainan helikopter yang dapat dinaiki tokoh cerita wayangnya.

Ia lahir di Bandung, Jawa Barat, pada 3 September 1955, dan rencananya akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Jelekong Baleendah, Kabupaten Bandung, pada Selasa pagi (1/4). (*)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar