Dia merupakan pelatih saya untuk Jerman pada era 1990-an."
Berlin (ANTARA News/AFP) - Pelatih tim nasional sepakbola Amerika Serikat (Timnas AS) Jurgen Klinsmann menyetujui mantan manajer Jerman Berti Vogts menjadi penasehat khusus timnya untuk putaran final Piala Dunia di Brazil.

Federasi Sepak Bola AS mengumumkan, kedua mantan pesepakbola Jerman tersebut mempunyai hubungan dekat, dan keduanya ikut menjuarai kompetisi Euro 1996 di Inggris, yang menjadi prestasi terbesar terakhir yang bisa dimenangkan Jerman.

"Kami merasa sangat beruntung dengan bergabungnya Berti ke dalam tim sebagai penasehat," ujar Klinsmann di laman Federasi Sepak Bola AS.

Selain itu, Klinsmann mencatat, "Dia akan memberikan pengetahuan dan pengalamannya yang luas, baik sebagai pemain maupun pelatih, dan dia sangat mengetahui apa yang harus dilakukan untuk menjuarai kompetisi tingkat tinggi."

"Dia merupakan pelatih saya untuk Jerman pada era 1990-an, dan kami mempunyai hubungan yang sangat baik," demikian penilaian Klinsmann.

Ia juga berpendapat, "Sepanjang karirnya melatih timnas Skotlandia, Nigeria dan Azerbaijan, dia sudah memahami permainan calon lawan-lawan di fase penyisihan grup Piala Dunia, dan bagi kami ini merupakan bonus besar."

Vogts akan memberikan bantuannya dalam pengembangan rencana latihan, membantu persiapan menghadapi calon-calon lawan serta mengamati pertandingan yang melibatkan rival AS dalam grup, yakni Jerman, Portugal dan Ghana.

Dikenal sebagai pemain bertahan sepenuhnya, Vogts telah 96 kali memperkuat timnas Jerman, turut bermain dalam 19 pertandingan di tiga Piala Dunia, termasuk putaran Piala Dunia tahun 1974 ketka Jerman dikalahkan Belanda dengan skor 2-1 pada babak final di Munich.

Untuk kompetisi Eropa, Vogts berhasil menjadi juara pada tahun 1996, runner up untuk kompetisi yang sama pada 1992 serta membawa Jerman menembus perempat-final Piala Dunia 1994 dan 1998.

Vogts pernah menjadi pelatih timnas Skotlandia (2002-2004) dan Nigeria (2007-2008). Dia juga pernah menjadi manajer untuk timnas Azerbaijan sejak April 2008 masih berlangsung sampai saat ini.
(Uu.D011)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014