Bengkulu (ANTARA News) - Politisi Partai Nasional Demokrat Anarulita Muchtar ingin memperjuangkan kesetaraan pelayanan dasar antara masyarakat perkotaan dengan di daerah terpencil bila dirinya terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2014 hingga 2019.

"Layanan dasar kesehatan itu yang menjadi perjuangan saya bila kelak terpilih menjadi wakil rakyat di DPR RI," kata perempuan yang berprofesi dokter ini, di Bengkulu, Selasa.

Anarulita Muchtar mengatakan selama duduk di DPRD Kota Bengkulu periode 2009 hingga 2014, dirinya sudah mengetahui program-program pelayanan kesehatan di Kementerian Kesehatan.

Banyak anggaran yang menurutnya dapat ditarik ke daerah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, terutama bagi masyarakat di wilayah terpencil.

"Kesenjangan pelayanan kesehatan perlu diperkecil, mulai dari alat kesehatan hingga sumber daya manusia, pemerataan tenaga kesehatan," ucapnya.

Bagi masyarakat yang bermukim di wilayah kabupaten yang dekat dengan ibu kota provinsi hal tersebut mungkin tidak terlalu merepotkan.

"Tapi bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Kaur berjarak 200 kilometer dan Kabupaten Mukomuko jaraknya 270 kilometer, ini memberatkan," ucapnya Anarulita Muchtar.

Termasuk layanan kesehatan yang dioperasikan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menurutnya masih perlu dioptimalkan pelayanannya.

Hasil pengawasan atas penerapan program ini di Bengkulu, kata dia, masih ditemukan ketidakadilan dalam pelayanan.

"Masih ada pembedaan dalam penerapan program BPJS, dan rumah sakit juga tidak merasa diuntungkan oleh program ini," katanya.


Pewarta: Helti Marini Sipayung
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014