Jakarta (ANTARA News) - Apple Inc sedang dalam pembicaraan untuk membeli saham perusahaan Jepang Renesas Electronics Corp pada unit yang mendesain chip LCD (liquid crystal display) untuk iPhone.

Media Jepang Nikkei tanpa menyebut identitas sumber melaporkan bahwa Apple akan membeli saham unit Renesas itu seharga sekitar 50 miliar yen (483 juta dolar).

Renesas mempunyai 55 persen saham di Renesas SP Driver, perusahaan joint venture bersama Sharp Corp dan Powerchip Taiwan.

Apple mengharapkan dapat menyelesaikan transaksi pembelian saham tersebut pada musim panas tahun ini, menurut Nikkei, Selasa.

Apple menginginkan menggabungkan unit desain komponen layar utama ke dalam divisi pengembangan produknya karena kualitas gambar (image) menjadi selling point krusial bagi smartphone.

Sharp, yang memiliki 25 persen saham di Renesas SP, diduga akan menjual sahamnya kepada Apple jika perusahaan Amerika itu menginginkannya.

Renesas sedang menghadapi pemesanan (order) yang melambat dan persaingan ketat dari perusahaan-perusahaan seperti Samsung Electronics Co Ltd.

Perusahaan Jepang itu menerima 150 miliar yen dana bailout dari kelompok pemodal pimpinan-pemerintah dan pelanggan utamanya pada September untuk menghindari penawaran dini perusahaan ekuitas swasta KKR & Co LP.   

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014