Phnom Penh (ANTARA News) - Jasad yang diyakini sebagai tiga tentara Amerika Serikat yang meninggal di Kamboja lebih dari empat dasawarsa lalu dalam Perang Vietnam, dipulangkan ke AS, Rabu, untuk diidentifikasi.

Menurut Kedutaan Besar AS, jenazah tiga tentara itu ditemukan oleh tim dari Kamboja dan anggota Komando Bersama AS bagi mereka yang hilang dalam tugas (JPAC) di sebelah timur Provinsi Kampong Cham.

Tugas tim tersebut adalah melacak tentara AS yang hilang ketika bertugas di Asia Tenggara, demikian seperti dikutip dari AFP.

"Beberapa hari yang lalu, tim gabungan Kamboja dan AS menyelesaikan misi paling baru untuk menemukan kemungkinan jasad tentara yang hilang dalam tugas di Kamboja," kata William Todd, Dubes AS untuk Kamboja dalam upacara di bandara Phnom Penh.

"Hari ini kita menghormati rekan-rekan kita yang meninggal jauh dari rumah dan mereka yang tidak pernah kita kenal," katanya dengan menambahkan bahwa ia berharap agar pemulangan jasad itu dapat "meringankan kepedihan" bagi keluarga yang ditinggalkan.

Jasad mereka dimasukkan dalam tiga peti mati berselubung bendera AS, diterbangkan dengan pesawat militer AS untuk menuju laboratorium identifikasi JPAC di Hawaii.

Perincian lebih lanjut mengenai bagaimana mereka gugur belum tersedia.

Menurut Kedubes AS, 90 tentara AS dinyatakan hilang di Kamboja dalam Perang Vietnam. Sebanyak 37 jasad telah ditemukan dan dikenali sejak kedua negara membuka kembali kerja sama pencarian pada 1992, sedangkan 53 orang masih dinyatakan hilang.

Sekitar 3,14 juta warga AS berdinas di Vietnam dalam masa perang yang berlangsung selama tahun 1960an hingga kejatuhan Saigon (kini kota Ho Chi Minh) pada 1975.

Lebih dari 58 ribu warga AS meninggal dalam perang tersebut.

Pada 1969 Washington mulai mengebom tempat-tempat yang dicurigai sebagai markas komunis di Kamboja yang menyatakan diri netral dalam perang tersebut, dan pasukan darat dikirim ke negeri itu pada tahun berikutnya.

(M007)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014