Lima obat alami untuk redakan sakit kepala

Lima obat alami untuk redakan sakit kepala

Ilustrasi (irishhealth.com)

Jakarta (ANTARA News) - Meredakan sakit kepala tak selalu dengan mengonsumsi obat. Berikut terdapat lima obat alami untuk meredakan sakit kepala seperti dilansir Medical Daily.

1. Minyak pepermin Minyak ini telah lama digunakan sebagai obat alami untuk sakit kepala karena efek penyebuhannya. Minyak ini adalah hibrida antara watermint dan spearmint yang mengaktifkan reseptor dingin dalam kulit. Efek dari kandungan ini adalah memberikan perasaan tenang yang membantu meringankan sakit kepala.

2. Capsaicin Zat ini adalah komponen dalam cabai yang menimbulkan sensasi seperti terbakar saat bersentuhan dengan kulit manusia. Berdasarkan NYU Medical Center, diketahui, capsaicin memiliki efek menyembuhkan dan meringankan sakit kepala.

3. Pijat akupuntur Pijat akupuntur, yakni dengan menekan-nekan sejumlah titik pada kepala dapat membantu Anda menurunkan tensi. Titik-titik yang ditekan adalah bagian-bagian saraf. Titik ini berperan dalam melancarkan sirkulasi pembuluh darah. Jadi, dengan menstimulasi titik-titik tekan, berarti Anda membantu melancarkan sirkulasi darah dan membantu meringankan sakit kepala Anda.

4. Teh Kafein dikatakan dapat menjadi pembunuh rasa nyeri yang efektif. Berdasarkan studi, diketahui 58 persen partisipan merasa lebih baik satu setengah jam lebih cepat saat mengonsumsi kafein dalam teh dibandingkan mereka yang menggunakan pereda nyeri standar.

5. Peregangan. Hilangkan ketegangan otot dengan latihan peregangan dapat meredakan sakit kepala Anda. Cobalah gerakan dagu ke depan, ke atas, lalu angkat bahu ke atas dan dorong ke belakang. Kemudian, tekan dahi lalu pijat dengan tangan. Obat alami ini tak ditujukan untuk meredakan atau mengobati semua diagnosa penyakit. Jika sakit kepala Anda terus berlanjut, kemungkinan ada masalah serius dan segeralah berkonsultasi dengan dokter Anda.(*)

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Terkait PSBB, Presiden Jokowi : Belum ada kepala daerah beda pendapat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar