Dalam mendukung program tersebut disediakan wadah berupa ekosistem buku digital di Indonesia yang diberi nama Qbaca,"
Yogyakarta (ANTARA News) - PT Telkom Indonesia meluncurkan program Gerakan 1001 Cerita Nusantara sebagai wujud kepedulian terhadap kekayaan budaya yang ada di Indonesia.

"Dalam mendukung program tersebut disediakan wadah berupa ekosistem buku digital di Indonesia yang diberi nama Qbaca," kata Executive General Manager Division Solution Convergence PT Telkom Achmad Sugiarto di Yogyakarta, Rabu.

Usai lokakarya "Menggagas 1001 Cerita Nusantara, Mengorbit Bersama Qbaca", ia mengatakan Qbaca merupakan sebuah wadah bagi para penulis dan penerbit.

Menurut dia, Indonesia merupakan surga bagi konten yang mengandung nilai cerita, tersebar di provinsi seluruh Indonesia. Setiap daerah memiliki cerita rakyat (folklore), asal-usul tempat atau sejarah, biografi tokoh, dan sejarah kesenian.

"Namun, tidak semua konten itu tersedia dalam bentuk tulisan maupun buku. Hal itu berpotensi terhadap kepunahan warisan budaya bangsa," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, Telkom sudah sepatutnya turut berpartisipasi dalam pelestarian budaya bangsa melalui penyediaan konten digital bertajuk cerita Nusantara.

"Qbaca berupaya mengumpulkan 1001 Cerita Nusantara dalam bentuk buku digital yang dapat diakses siapa pun terutama masyarakat Indonesia," katanya.

Ia mengatakan program itu merupakan program penting untuk "menyelamatkan" konten Nusantara dan menghimpunnya dalam bentuk digital berupa e-book yang akan ditayangkan di Qbaca. Qbaca merupakan "platform" buku digital dari Telkom yang bisa diakses dari Android, iOS maupun Windows Phone.

"Konten itu nanti dapat digunakan sebagai konten pendidikan untuk anak-anak sekolah demi mengenalkan kekayaan khasanah budaya Indonesia dan dapat diakses kapan pun dan di mana pun," katanya.(*)

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014