Harga kaos Nike itu sangat mahal
London (ANTARA News) - Perdana Menteri Inggris David Cameron pada Kamis mengkritik kaos seragam tim nasional Inggris keluaran Nike untuk Piala Dunia yang dibandrol seharga 150 dolar AS (setara 90 poundsterling) atau sekitar Rp1,7 juta karena dinilai terlalu mahal.

Cameron mengatakan para suporter seharusnya tidak boleh dieksploitasi dengan barang-barang mahal seperti itu.

Kaos timnas Inggris edisi terbatas merk Nike yang relatif mahal itu telah dicap sebagai produk "perampokan" oleh media Inggris dan memicu reaksi dari para penggemar sepak bola di Inggris. Suporter Inggris mengatakan bahwa mereka sering ditipu karena rasa kesetiaan kepada klub dan negara.

Menteri Olahraga Inggris Helen Grant pada Rabu (2/4) menghubungi dan meminta Nike untuk mengurangi harga produknya. Namun, perusahaan pakaian olahraga AS itu mengabaikan permintaan Grant dengan mengatakan bahwa sebagian besar replika kaos Nike yang dipasarkan akan dijual seharga 60 poundsterling.

"Harga kaos Nike itu sangat mahal," kata PM Cameron kepada televisi BBC. Ia juga sempat menyebutkan bahwa ia adalah ayah dari seorang anak laki-laki penggila sepak bola berusia delapan tahun.

"Dengan harga semahal itu, orang tua berada di bawah tekanan besar bila harus membeli kaos terbaru dan kita tidak ingin dimanfaatkan," ujarnya seperti dikutip Reuters.

PM Cameron sendiri adalah penggemar dari klub sepak bola Aston Villa, yakni tim yang berbasis di Birmingham di Inggris tengah dan berada pada peringkat 12 di Liga Utama Inggris.

Kaos jersey Inggris keluaran Nike itu mulai dijual di toko-toko pada Kamis ini, dan pihak Nike kembali menegaskan bahwa hanya sedikit orang yang dapat membeli kaos tersebut.

"Nike ingin menegaskan kembali bahwa kaos jersey Inggris yang terbaru tersedia bagi para fans dengan HET (harga eceran tertinggi) senilai 60 poundsterling," kata perusahaan AS itu dalam sebuah pernyataan.

"Ada juga sejumlah kaos Nike seharga 90 poundsterling (HET) yang jumlahnya terbatas, kurang dari satu persen dari total stok yang tersedia."

Situs resmi Nike mengatakan, jersey versi harga 90 poundsterling itu berwarna serba putih dan memiliki bahan yang sama persis dengan seragam yang akan dipakai timnas Inggris di Brazil nanti, yakni bahan pakaian yang dirancang dengan "teknologi pendingin".

Sementara, kaos Nike versi yang lebih murah dirancang dengan bahan yang sama dengan replika dasar dan ditujukan untuk pasar massal. Kaos versi anak-anak dibandrol dengan harga 42 poundsterling.

Perusahaan retail pakaian olahraga Inggris, Sports Direct, menawarkan jersey versi yang lebih murah secara online dengan potongan harga sebesar 47,99 poundsterling.

Sports Direct mengorbankan sebagian dari margin keuntungannya dalam upaya untuk meningkatkan penjualan.

Sementara perusahaan saingannya asal Jerman, Adidas dan Puma, memberi harga yang sama kepada para suporter untuk kaos seragam tim nasional Jerman yang dipasok dalam Piala Dunia.

Kaos timnas Inggris memang biasanya meraih penjualan besar karena para penggemar timnas Inggris merasa bangga mengenakan jersey tim nasionalnya ketika ada turnamen-turnamen besar.

(Y012)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014