Delapan gurandil Sukabumi tewas tertimbun

Delapan gurandil Sukabumi tewas tertimbun

ilustrasi penambang (FOTO ANTARA/Fiqman Sunandar)

Sukabumi (ANTARA News) - Delapan warga Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang menambang emas secara liar (gurandil) dan tertimbun longsor di Gunung Pongkor, Kabupaten Bogor ditemukan dalam kondisi tewas dan jenazah mereka sudah diambil keluarga masing-masing.

"Totalnya saat ini sudah ada delapan orang warga kami yang tewas saat menggali emas di Pongkor, korban terakhir yang ditemukan berada di kedalaman 40 meter," kata Camat Kabandungan, Ading Ismail kepada wartawan, Jumat.

Menurut Ading, para korban ditemukan pada Kamis (3/4) atau sehari setelah peristiwa longsor.

Dia mengemukakan warga Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan kerap menjadi penambang emas liar di daerah Gunung Pongkor yang jaraknya dekat dan bertetangga dengan wilayah Kabupaten Bogor.

Camat Ading mengatakan jenazah para korban juga sudah dimakamkan tidak jauh dari rumah warga.

Delapan warga Kabupaten Sukabumi itu tertimbun tanah penggalian emas liar di Ciguha Gunung Pongkor Kabupaten Bogor, Rabu (2/4/2014) petang.

Korban yang tewas di lokasi tambang emas Gunung Pongkor yakni Maman (50), Iding (20), Yayan (28), Nurdin (20), dan Dedi warga Kampung Lemah Duhur.

Korban lain adalah Jana (38) warga Kampung Padangenyang RT 08/3, Amad (27) warga Kampung Cileungsir RT 03/4, dan Amir (50) warga Kampung Jabon RT 04/2.


Pewarta: Aditya A Rohman
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Polda Banten tutup pertambangan emas tanpa izin di Gunung Liman

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar