Bengkulu (ANTARA News) - Lima bunga Rafflesia arnoldii akan mekar di Kabupaten Seluma, Bengkulu, kata Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka Bengkulu Sofian Ramadhan.

"Saat ini ada dua bunga yang mekar sempurna dan lima kuntum bunga yang siap mekar," katanya di Bengkulu, Minggu.

Informasi tentang penemuan bunga Rafflesia mekar itu, menurut dia, diperoleh dari warga Desa Padangcapo, Kecamatan Lubuksandi, Kabupaten Seluma.

Menurut dia, pemilik kebun kopi menemukan kawasan penuh bunga yang sudah membusuk dengan dua bunga Rafflesia mekar dan bonggol bunga di satu lokasi.

"Dekat kebun kopi kami, ada dua bunga mekar sempurna dan banyak bonggol, ada lima yang siap mekar," kata Doni, pemilik kebun kopi itu, saat dihubungi lewat telepon dari Bengkulu.

Lokasi tersebut, menurut dia, dapat dijangkau menggunakan kendaraan roda dua selama tiga jam dari Kota Bengkulu lalu berjalan kaki ke dalam hutan selama satu jam.

Sebelumnya sekelompok pemuda di Kabupaten Kaur juga menemukan bunga Rafflesia mekar di kawasan hutan.

"Paling banyak jenis arnoldii, seperti yang sering kami temukan mekar di Hutan Lindung Bukit Daun Kabupaten Kepahiang," kata Sofian.

Komunitas Peduli Puspa Langka Bengkulu mencatat, habitat Rafflesia meliputi Kabupaten Kepahiang,  Bengkulu Tengah, Kabupaten Mukomuko, Lebong, Kaur, Seluma dan Bengkulu Utara.

Menurut dia, ada empat jenis bunga Rafflesia yang tumbuh di kawasan hutan Bengkulu yakni Rafflesia arnoldii, Rafflesia bengkuluensis, Rafflesia hasseltii dan Rafflesia gadutensis.

Pewarta: Helti Marini Sipayung
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014