Jumlah penghargaan untuk ASEAN Para Games meningkat. Ini pertimbangan kesetaraan atlet SEA Games dan Para Games, lalu ketersediaan anggaran masih memungkinkan dan karena Para Games berhasil menjadi juara umum,"
Jakarta (ANTARA News) - Kemenpora menggelontorkan Rp54,1 miliar sebagai penghargaan olahraga dalam bentuk uang tunai untuk para atlet, pelatih dan asisten pelatih yang berprestasi pada ajang SEA Games XXVII dan ASEAN Para Games ke VII 2013 di Myanmar.

"Kami akan berikan penghargaan kepada para atlet, pelatih dan asisten pelatih secara simbolik Senin (7/4) siang di Hotel Sahid," ujar Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Alfitra Salam di Jakarta, Senin.

Sementara itu, Asisten Deputi untuk Penghargaan dan Promosi Candra Bakti mengatakan, jumlah untuk seluruh penghargaan Sea Games adalah Rp54,1 miliar dan ASEAN Para Games Rp26,2 miliar.

"Jumlah penghargaan untuk ASEAN Para Games meningkat. Ini pertimbangan kesetaraan atlet SEA Games dan Para Games, lalu ketersediaan anggaran masih memungkinkan dan karena Para Games berhasil menjadi juara umum," kata Candra.

Penghargaan SEA Games untuk nomor perorangan, atlet Sea Games peraih medali emas mendapat bonus sebesar Rp200 juta, perak Rp50 juta dan perunggu Rp30 juta. Untuk atlet nomor beregu peraih medali emas sebesar Rp100 juta, perak Rp25 juta, Perunggu 30 juta.

Sementara itu, lanjutnya, pelatih yang meraih emas mendapat bonus sebesar Rp60 juta, perak Rp40juta dan perunggu Rp25 juta. Untuk asisten pelatih peraih emas mendapat bonus sebesar Rp30 juta, perak Rp20 juta dan perunggu Rp12,5 juta.

Candra melanjutkan, penghargaan kejuaraan ASEAN Para Games, untuk atlet perorangan peraih emas sebesar Rp117,6 juta, perak Rp52,9 juta dan perunggu Rp29,4 juta. Untuk atlet nomor beregu peraih medali emas sebesar Rp58,8 juta rupiah, perak Rp26,4 juta dan perunggu sebesar Rp14,7 juta.

Sementara itu, lanjutnya, pelatih ASEAN Para Games yang meraih emas mendapat bonus sebesar Rp29,4 juta, perak Rp14,7 juta dan perunggu Rp8,8 juta. Untuk asisten pelatih peraih emas mendapat bonus sebesar Rp14,7 juta, perak Rp7,4 juta dan perunggu Rp4,4 juta.

(S038/R010)

Pewarta: Sella P Gareta
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014