Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Djoko Suyanto, mengatakan, pelaksanaan Pemilu Legislatif yang berlangsung pada Rabu (9/4) berjalan aman dan lancar.

"Namun, secara umum masih ada pekerjaan ke depan. Harus diwaspadai untuk menjaga agar proses demokrasi berjalan aman, nyaman, dan tertib," tegas Menkopolhukam usai memimpin serah terima jabatan Kepala Pelaksana Harian Badan Koordinasi Keamanan Laut (Kalakhar Bakorkamla) dari Laksdya TNI Bambang Suwarto kepada Laksda TNI Dr D A Mamahit, di Kantor Bakorkamla, Jakarta, Kamis.

Menurut dia, jalannya proses demokrasi tetap menjadi perhatian khusus hingga proses penghitungan suara dan Pemilihan Presiden (Pilpres) Juli 2014 nanti. Aparat kepolisian pun tetap bersiaga.

"Proses penghitungan suara, pengawalan harus dilakukan oleh baik. Tak hanya kepolisian, tapi seluruh masyarakat agar tak terjadi penyimpangan-penyimpangan agar pemungutan suara dapat berjalan dengan baik," kata Djoko.

Di tempat yang sama, Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko menyebutkan TNI akan terus membantu aparat kepolisian dalam mengamankan pelaksanaan Pemilu.

Terkait adanya kontak senjata dengan kelompok radikal bersenjata di Papua pada Rabu (9/4), kata dia, hal itu tak terkait dengan Pemilu.

"Penumpasan kelompok radikal bersenjata memang terus dilakukan oleh TNI," kata Panglima TNI.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014