Texas (ANTARA News) - Mantan juara dunia superbike dan veteran MotoGP Colin Edwards mengumumkan pada Kamis akan pensiun dari balap pada akhir musim 2014.

Pebalap 40 tahun asal Texas itu memiliki dua gelar juara dunia di superbike namun tidak pernah mendulang kesuksesan yang sama di MotoGP, di mana ia membalap sejak 2003 tanpa pernah memenanginya.

"Saya bahkan tidak tahu bagaimana mengatakannya, saya melatihnya berkali-kali - 2014 akan menjadi tahun terakhir saya di dunia balap sepeda motor," kata pebalap berjuluk Texas Tornado" ini menjelang Grand Prix Amerika di Austin, Texas.

Pebalap kelahiran Houston ini merupakan rekan setim Valentino Rossi di Yamaha dari 2005 sampai 2007, sebelum kemudian digantikan pebalap Spanyol Jorge Lorenzo, yang sekarang merupakan juara dunia dua kali.

"Saya sangat sedih mengenai berita perihal pengunduran diri Colin, ia merupakan salah satu sahabat saya di paddock. Ia merupakan pria hebat dan pebalap hebat," kata juara dunia sembilan kali Rossi.

Juara dunia MotoGP Marc Marquez (21) menambahi, "Colin mulai membalap di papan atas ketika saya masih berusia dua tahun. Saya berharap dapat membalap selama yang ia lakukan." Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014