Ini kunjungan pertama saya (sebagai dubes AS untuk Indonesia). Kami tidak membahas kasus per kasus tapi hanya tentang kemajuan kinerja saja.
Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Amerika Serikat (Dubes AS) untuk Indonesia, Robert Blake, mengapresiasi kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam memerangi korupsi di Indonesia.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada beliau atas upaya KPK dalam mengurangi korupsi di Indonesia," kata Blake seusai menyambangi para pimpinan KPK di Gedung KPK, Jakarta, Jumat.

Menurutnya, di AS juga terdapat kasus korupsi di dalam pemerintahan. Dan menurut saya penting bagi kita untuk bertukar pikiran tentang bagaimana memberantas korupsi.

"Kami juga tadi (saat bertemu para pimpinan KPK) bertukar pengalaman dan bertukar ide bagaimana kita bisa menghadapi masalah korupsi di kedua negara yaitu di Indonesia dan AS," kata kata suksesor untuk mantan Dubes AS Scott Marciel tersebut.

Blake juga mengekspresikan dirinya senang seusai bertemu para pimpinan KPK dalam rangka perkenalan dengan para jajaran komisi antirasuah, terutama Ketua KPK Abraham Samad.

Meski begitu, Blake mengatakan dirinya hanya membicarakan tentang korupsi secara umum terkait tukar pikiran dalam pemberantasan korupsi.

"Ini kunjungan pertama saya (sebagai dubes AS untuk Indonesia). Kami tidak membahas kasus per kasus tapi hanya tentang kemajuan kinerja saja. Saya berharap kami bisa belajar dari pengalaman KPK dan KPK bisa belajar dari kami. Kami bisa bertukar informasi," kata dia.

Sementara itu, Juru Bicara KPK Johan Budi mengatakan kedatangan Blake ke KPK merupakan pertemuan pertama bagi diplomat AS itu sejak menjabat sebagai Dubes AS untuk Indonesia per Januari 2014.

"Tadi, dubes didampingi FBI. Dia bertemu ketua, para deputi dan jubir. Hanya perkenalan dengan KPK dan diskusi awal saja," katanya.

(A061/I007)

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014