Tokyo (ANTARA News) - Tiga kapal penjaga pantai Tiongkok berlayar melewati wilayah perairan sengketa di lepas pantai kepulauan yang dikuasai Tokyo di Laut Tiongkok Timur pada Sabtu pagi, kata pengawas pantai Jepang.

Kejadian itu merupakan insiden terbaru dari perseteruan sengit antara dua raksasa Asia, demikian laporan AFP.

Kapal milik pemerintah Tiongkok itu memasuki wilayah 12 mil dari perairan pantai kepulauan Senkaku yang diakui Tiongkok sebagai kepulauan Diaoyu pada Sabtu sekitar pukul 09.00 waktu setempat dan meninggalkan daerah tersebut dua jam kemudian, katanya.

Kapal laut dan pesawat Tiongkok sering menghampiri kepulauan di Laut Tiongkok Timur itu--yang diperkirakan kaya sumber daya alam -- setelah Jepang meresmikan kepemilikannya atas sejumlah pulau pada September 2012,

Kekhawatiran akan pertikaian yang meningkat, terjadi ketika Tiongkok pada November memberlakukan Zona Indentifikasi Pertahanan atas Laut Tiongkok dan mewajibkan seluruh pesawat yang melintasi wilayah udara tersebut untuk melapor.

Washington dibuat geram atas langkah tersebut dan mengatakan bahwa hal itu akan menimbulkan kekacauan di udara.

Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel mengadakan pembicaraan dengan timpalannya di Jepang Itsunori Onodera pekan lalu dan memperingatkan Tiongkok atas langkah sepihaknya dalam menyelesaikan perseteruan dengan Jepang dan negara Asia lainnya.

Menteri Pertahanan Tiongkok, yang membela negaranya pada Selasa, mengatakan Beijing tidak memulai "mengobarkan masalah" atas kepulauan sengketa itu dengan negara-negara tetangga.

(M007)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014