Kami tak mempunya air bersih, tak memiliki rumah, tak mempunyai listrik dan ratusan orang hidup di tenda di sini
Mazar-e-Sharif, Afghanistan (ANTARA News) - Kondisi kehidupan sebagian perempuan di Afghanistan tetap menyedihkan, meskipun hak kaum perempuan di negara yang dilanda perang itu telah mengalami kemajuan selama 12 tahun belakangan.

Di satu rumah tua di pinggira Mazar-e-Sharif, Ibu Kota Provinsi Balkh di Afghanistan Utara, hampir selusin perempuan bekerja sebagai penenun karpet, satu-satunya sumber penghasilan mereka untuk menunjang keluarga mereka.

"Kami menghadapi kesulitan. Ada kemajuan bagi perempuan di Afghanistan tapi kehidupan kami masih belum membaik. Kami bekerja keras. Kami haru menemukan cara agar bisa mandiri," kata Bargin (50) kepada Xinhua.

Perempuan itu mengatakan menenun karpet warna-warni adalah bagian dari tradisi mereka. "Karpet adalah bagian utama ekspor Afghanistan. Karpet telah bersama kami selama ratusan tahun dan telah menyediakan kami peluang untuk menghasilkan uang dan hidup dengan bermartabat," katanya.

Bargin harus menghidupi keluarga dengan enam anggota. Penghasilannya sebesar 50 dolar AS selama dua bulan tidak cukup untuk menutup semua biaya hidup mereka.

Bargin memiliki pengalaman menenun karpet selama 20 tahun. Ia pernah bekerja di satu pabrik karpet di Pakistan selama 14 tahun.

"Kami meninggalkan rumah kami di Kabupaten Sholgara selama rezim Taliban. Kami melarikan diri ke Pakistan. Setelah kami pulang, saya gagal mendapatkan rumah dan pemerintah gagal membantu pengungsi di sini. Kami masih hidup di tenda sampai sekarang," kata Bargin.

Afghanistan, menurut pegiat hak asasi perempuan, adalah negara penuh tantangan bagi perempuan untuk hidup, demikian laporan Xinhua. Diskriminasi terhadap perempuan, terutama di daerah pinggiran, masih banyak terjadi. Seorang anak perempuan dipaksa menikahi lelaki pilihan orang tuanya.

"Suami saya tak mempunyai pekerjaan. Saya harus bekerja. Kami menghadapi tantangan. Kami tak mempunya air bersih, tak memiliki rumah, tak mempunyai listrik dan ratusan orang hidup di tenda di sini," kata Bargin, ibu empat anak.

Kebanyakan perempuan Afghanistan menderita akibat kemiskinan dan masih menjadi objek kekerasan serta pelecehan, situasi yang ironis sebab sebagian perempuan Afghanistan sekarang telah menjadi pejabat dan anggota dewan legislatif.

Diskriminasi dan kekerasan terhadap perempuan terjadi dalam bentuk perkawinan anak di bawah umur, kawin paksa, perkosaan dan poligami.

Namun sebagian perempuan di Mazar-eSharif sekarang bekerja di kantor pemerintah, perusahaan pembangunan, dan sebagian bahkan bergerak di bidang bisnis kecil.

Pemerintah telah menyediakan dana untuk membuat pasar di kota itu, tempat perempuan dapat mengelola kios. "Ada 50 toko di Pasar Rabia Balkhi, semuanya dikelola oleh perempuan," kata Allia Rajabi --yang memiliki satu kios.

"Saya memulai sebagai penjaga toko di sini. Saya menjual kerajinan tangan, pakain dan perlengkapan toilet. Semuanya baik-baik saja sebab saya memiliki toko sendiri, tempat saya menanam modal sebanyak 4.000 dolar AS," kata Allia, seorang janda.

(C003)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014