Hal-hal yang dulunya tabu, sekarang kita dongkrak
Jakarta (ANTARA News) - Penyanyi Cynthia Lamusu berpendapat mengenakan pakaian tradisional, seperti kebaya, sebagai salah satu bentuk menghormati Hari Kartini.

"Bukan perempuan saja, anak-anak sekolah semua pakai baju tradisional. Bagus sih itu. Untuk seremonialnya," kata Cynthia saat dihubungi ANTARA News melalui telepon, Senin.

Kebetulan hari ini ia manggung bersama B3 dalam acara memperingati Hari Kartini. Ia pun turut mengenakan kebaya yang dimodifikasi menjadi gaun.

Menurutnya, bukan hal-hal seremonial seperti mengenakan pakaian tradisional yang perlu ditonjolkan dalam memperingati Hari Kartini.

"Jadi penyemangat. Hal-hal yang dulunya tabu, sekarang kita dongkrak. Kalau memang sanggup, perempuan sekolah yang tinggi misalnya, kenapa nggak," katanya.

Era emansipasi berkaitan dengan perempuan yang mandiri. Tetapi, ia sendiri tidak ingin salah kaprah dalam memahami tersebut.

Baginya, menjadi perempuan adalah sebuah kodrat.

"Ada hal-hal yang harus dipegang. Misalnya, kalau di rumah, saya sebagai perempuan yang sudah berumah tangga, sehebat-hebatnya kita di luar, di rumah sebagai istri, ada laki-laki sebagai imam," katanya.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014