Malang (ANTARA News) - Pelaksanaan kejuaraan Malang Nasional Marathon 2014 yang sedianya dihelat pada Minggu (27/4) diundur menjadi Minggu (4/5) dengan rute maupun finish sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni di Lapangan Rampal dan untuk "start" di Jalan Urip Sumoharjo.

Sekretaris Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kota Malang Eddy Trisno Wahyudi, Rabu, mengatakan jika Malang Nasional Marathon (MNM) diundur, otomatis lomba lari "10 K Malang City Festival" juga diundur karena MNM dan lari 10 K menjadi satu paket.

"Pengunduran pelaksanaan MNM dan lomba lari 10 K tersebut disebabkan banyaknya kegiatan yang berkaitan dengan satu abad Kota Malang yang digelar pada 27 April, sehingga MNM diundur sepekan berikutnya," ucapnya.

Ia mengakui pengunduran MNM tersebut dilakukan setelah panitia berkoordinasi dengan aparat keamanan di Kota Malang. Selain itu, pihak sponsor juga menginginkan pengunduran karena sponsor bersangkutan juga menjadi sponsor pada kegiatan 27 April nanti.

Jika dipaksakan pada Minggu (27/4), banyak sponsor kegiatan yang keberatan karena tidak mungkin pada hari yang sama mensponsori dua kegiatan.

"Kalau diundur sepekan (Minggu, 4/5), pihak sponsor setuju, bahkan akan memberikan dukungan sepenuhnya, sehingga panitia memutuskan untuk diundur saja," tegasnya.

Mengenai peserta MNM 2014, Eddy mengatakan tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja, kalau MNM tahun 2012 bertaraf internasional, tahun ini kembali ke skala nasional, namun tidak menutup kemungkinan banyak atlet skala nasional dan Asia yang bakal berpartisipasi.

Sebelumnya Wakil Ketua PASI Kota Malang Eddy Wahyono menyatakan hadiah marathon tahun ini naik hampir tiga kali lipat dari tahun sebelumnya. Jika marathon sebelumnya berhadiah total sebesar Rp250 juta, tahun ini panitia menyiapkan hadiah total sebesar Rp650 juta.

Eddy menjelaskan, karena saat ini panitia mengundang pelari marathon dari luar negeri, untuk hadiahnya bisa membengkak tidak hanya Rp650 juta, sebab untuk pelari asing panitia akan memberi hadiah dalam bentuk dolar AS.

MNM tahun lalu diikuti lebih dari 13 ribu pelari, baik pelari marathon maupun 10 K kategori umum dan pelajar.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014