Gorontalo (ANTARA News) - Anggota KPU Provinsi Gorontalo Verrianto Madjowa membantah bahwa perolehan suara caleg DPR RI nomor urut 1 dari Partai Golkar Dapil Gorontalo, Fadel Muhammad, mencapai 200 ribu.

Pernyataan tersebut menanggapi pemberitaan di media massa terkait perolehan suara Fadel yang dinyatakan mencapai 200 ribu.

"Berdasarkan hasil rekapitulasi di KPU Provinsi Gorontalo, perolehan Fadel Muhammad sebanyak 163.054. Memang dari seluruh perolehan suara DPR RI Fadel yang tertinggi, namun tak capai 200 ribu," ujarnya di Gorontalo, Kamis.

Sementara perolehan suara caleg Golkar nomor urut 2 yakni Roem Kono sebanyak 117.831 dan nomor urut 3 Trulyanti Sutrasno meraih 4.999.

"Penetapan perolehan kursi dan caleg DPR RI terpilih baru akan dilakukan tanggal 11 Mei 2014 oleh KPU RI," tambahnya.

Sebelumnya Fadel Muhammad mengatakan akan melimpahkan kelebihan suaranya kepada caleg Trulyanti Habibie dan menandatangani kesepakatan tersebut di depan notaris dan sejumlah wartawan pada 10 April 2014.

KPU provinsi menyayangkan pernyataan tersebut dikeluarkan Fadel saat proses penghitungan masih berlangsung secara berjenjang.

"Notaris itu bukan penyelenggara pemilu. Aturan dari mana notaris bisa mengubah hasil penghitungan perolehan suara atau bisa melimpahkannya?," tandas Verri.

KPU meminta masyarakat termasuk caleg menggunakan data resmi dari KPU sebagai acuan.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014