Pasar Jaya: ribuan kios Pasar Senen hangus terbakar

Pasar Jaya: ribuan kios Pasar Senen hangus terbakar

Kebakaran Pasar Senen Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang membakar puluhan kios pertokoan Pasar Senen di Jakarta, Jumat (25/4). Kebakaran tersebut belum diketahui penyebabnya dan kerugiannya. (ANTARA FOTO/M. Agung Rajasa)

Akibat kejadian itu, rencananya, kita akan melakukan revitalisasi terhadap pasar tersebut usai hari raya Lebaran...
Jakarta (ANTARA News) - Direktur Utama PD Pasar Jaya Djangga Lubis mengatakan kebakaran yang melanda Pasar Senen Blok III sejak subuh tadi telah menghanguskan ribuan kios.

"Kira-kira dua per tiga dari Pasar Senen Blok III itu sudah habis terbakar. Sampai sekarang, para petugas pemadam kebakaran masih terus berupaya memadamkan api," kata Djangga di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, api telah membakar sejumlah kios yang ada di pasar tersebut, di antaranya kios pakaian bekas impor, kios jasa sablon, bengkel serta tempat parkir.

Dia juga mengatakan di blok yang terbakar itu terdapat 3.096 total tempat usaha. Dari jumlah tersebut, 2.064 tempat usaha telah hangus terbakar akibat peristiwa kebakaran itu.

"Akibat kejadian itu, rencananya, kita akan melakukan revitalisasi terhadap pasar tersebut usai hari raya Lebaran tahun ini. Lagipula, pasar ini juga sudah terbilang tua, sudah ada sejak 1974," ujar Djangga.

Terkait peristiwa kebakaran itu, pihaknya juga akan segera melakukan relokasi pedagang. Akan tetapi, sampai dengan saat ini, pihaknya masih belum menentukan tempat relokasinya.

Selain itu, dia menuturkan pihaknya juga menyerahkan sepenuhnya penyelidikan peristiwa kebakaran itu kepada pihak kepolisian.

"Kita serahkan kepada kepolisian agar diusut penyebab kebakaran ini. Apakah karena korsleting listrik, sabotase, atau penyebab lainnya. Kita ingin kejadian ini diusut," tutur Djangga.

Dia pun menaksir kerugian akibat peristiwa kebakaran itu mencapai miliaran rupiah.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Antara di lapangan, sampai dengan saat ini, sekitar 50 unit mobil pemadam kebakaran telah tiba di lokasi. Para petugas terus berupaya memadamkan api.

Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar