Bandung (ANTARA News) - Berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara DPR RI Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menyebutkan sebanyak 18 caleg perempuan lolos sebagai anggota DPR RI dari Jawa Barat.

Data dari KPU Jabar, Jumat menyebutkan, dari daerah pemilihan (dapil) Jabar I dari Kota Bandung dan Kota Cimahi yang lolos adalah Ledia Hanifa Amaliah (PKS), Popong Otje Djundjunan (Golkar) sedangkan untuk Jabar II (Kabupaten Bandung dan Bandung Barat) yaitu Rachel Maryam Sayidina (Gerindra).

Perwakilan dari Jabar III (Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor) yaitu Neng Eem Marhamah Zulfa (PKB), Diah Pitaloka (PDIP) sedangkan dari Jabar IV (Kabupaten Sukabumi dan Kota Sukabumi) anggota DPR RI dari PDI Perjuangan Ribka Tjiptaning kembali lolos ke Senayan bersama Dewi Asmara (Golkar), pemain sinetron dan pembawa acara Desy Ratnasari (PAN) dan Reni Marlinawati (PPP).

Caleg dari Partai Golkar Wenny Haryanto diperkirakan lolos dari Jabar VI (Kota Bekasi dan Kota Depok), Rieke Diah Pitaloka (PDIP), Putih Sari (Gerindra) dan Wardatul Asriah (PPP) sedangkan dari Jabar VIII (Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon) yaitu Miryam S Haryani (Hanura).

Untuk Jabar IX (Kabupaten Subang, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Sumedang) politisi Demokrat yang lolos menjadi anggota DPR RI yaitu Linda Megawati untuk Jabar X (Kabupaten Kuningan, Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Banjar) adalah Puti Guntur Soekarno (PDIP).

Sedangkan dari Jabar XI (Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Tasikmalaya) yang diprediksi lolos adalah Siti Mufattahah dari Demokrat dan Nurhayati dari Partai Persatuan Pembangunan.

Sebanyak 91 kursi untuk DPR RI diperebutkan di Jawa Barat dan 18 atau sekitar 20 persennya diraih oleh caleg perempuan dan 73 kursi menempatkan nama-nama caleg laki-laki untuk duduk di Senayan. 

Pewarta: Isyati Putri Nastiti
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014