...sungguh prestasi yang cukup membanggakan."
Makassar (ANTARA News) - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Sulawesi Selatan meloloskan tiga orang calon legislatifnya ke DPR-RI pada pemilihan umum legislatif 9 April 2014.

"Alhamdulillah, berdasarkan hasil rekapitulasi dari KPU Sulsel minus Kabupaten Gowa, kita meloloskan tiga orang caleg kita ke DPR-RI dan itu sungguh prestasi yang cukup membanggakan," jelas Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Nasdem Sulsel Syamsul Bahri Sirajuddin di Makassar, Senin.

Ia mengatakan, tiga kursi itu didapat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sulsel I meliputi Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, dan Kabupaten Kepulauan Selayar sebanyak satu kursi.

Untuk Dapil Sulsel II yang meliputi Kabupaten Sinjai, Bone, Maros, Bulukumba, Pangkep, Barru, Soppeng, Wajo, dan Kota Parepare, pihaknya mengaku mendapatkan sebanyak satu kursi.

Adapun Dapil III yakni Kabupaten Sidrap, Enrekang, Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, Tana Toraja, Toraja Utara, Pinrang, dan Kota Palopo juga menyumbang satu kursi.

"Dari data rekapitulasi di tingkat KPU Sulsel memang ada tiga kursi yang sudah kita amankan. Kami juga bersyukur dan berterima kasih kepada masyarakat yang percaya dengan Partai Nasdem," katanya.

Tiga caleg yang berhasil menembus parlemen senayan itu masing-masing, Ketua DPW Nasdem Sulsel sendiri Mubyl Handaling meraih jatah satu kursi di Dapil I Sulsel dengan perolehan suara sebanyak 90.210. Angka itu juga disebutnya belum termasuk dari Kabupaten Gowa yang sampai hari ini bermasalah dengan proses rekapitulasinya karena tingginya kecurangan di daerah yang mempunyai daftar pemilih tetap (DPT) terbesar kedua di dapilnya.

Untuk caleg yang lolos dari Dapil Sulsel II yakni, Akbar Faisal yang memperoleh suara sebanyak 113.286 menyisihkan caleg dari partainya yang sudah langganan juga ke Senayan yakni Malkan Amin, mantan politisi Partai Golkar. Sedangkan jatah kursi terakhir dari Dapil Sulsel III diraih oleh Luthfi Mukhti.

Dia mengaku jika tiga jatah kursi ke Senayan itu membuatnya sejajar dengan partai-partai besar lainnya seperti Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang sama-sama meraih tiga kursi.

Sedangkan Partai Golkar masih menjadi pemenang pemilu di Sulsel berhasil mengamankan jatah kursi ke DPR-RI sebanyak lima kursi yang sebelumnya mendapat tujuh kursi di pusat.

"Kami senang bisa sejajar dengan partai besar lainnya dimana kami bersama PAN, PPP, Gerindra dan Demokrat berhasil meraih jatah kursi yang sama yakni tiga," terangnya.(*)

Pewarta: Muh Hasanuddin
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014