Tornado maut tewaskan 35 orang di Amerika Serikat

Tornado maut tewaskan 35 orang di Amerika Serikat

Foto udara National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) pada 1 Mei 2011 yang menunjukkan kerusakan akibat tornado di Tuscaloosa, Alabama. (REUTERS/NOAA's National Geodetic Survey/Handout)

Washington (ANTARA News) - Sedikitnya 35 orang tewas akibat serangkaian tornado yang memporak-porandakan banyak wilayah di bagian tengah dan selatan Amerika Serikat sejak Minggu (27/4).

Menurut laporan CNN, tak kurang dari 17 orang tewas di Mississippi, Alabama dan Tennessee pada Senin (29/4) dan 18 orang lagi yang dilaporkan tewas di Arkansas, Oklahoma dan Iowa setelah angin puting beliung menyapu daerah itu sehari sebelumnya.

Upaya pencarian dan pertolongan masih berlangsung di Louisville, Mississippi, tempat satu tornado sehari sebelumnya meratakan satu pusat perawatan siang hari.

Topan yang memporakporandakan Mississippi dan Alabama pada malam hari itu lalu bergerak memasuki beberapa bagian Florida, Georgia dan Carolinas, kata Lembaga Cuaca Nasional (National Weather Service/NWS) seperti dilansir kantor berita Xinhua.

Di Alabama, sebanyak 90.000 rumah dan tempat usaha tak memperoleh listrik pada Selasa sore, kata Brian Corbett dari Lembaga Penanganan Keadaan Darurat Alabama.

Entergy Mississippi juga menyatakan sebanyak 10.000 pelanggannya masih mengalami pemadaman listrik di sekitar Jackson, Mississippi.

Sampai Selasa malam, NWS telah menurunkan tingkat ancaman topan parah yang dapat menghasilkan jalur tornado besar di bagian timur Amerika Serikat, tapi topan masih berisiko terjadi di beberapa bagian South dan East Coast.

(Uu.C003)

Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar