Jakarta (ANTARA News) - Cleveland Indonesia, agen pemegang merk motor Cleveland CycleWerks (CCW), menargetkan bisa menjual sedikitnya 2000 unit sepeda motor di pasar Indonesia pada tahun depan.

Untuk tahun ini, Cleveland Indonesia lebih fokus pada penyiapan infrastruktur seperti dealer dan layanan purna jual, kemudian kegiatan-kegiatan brand awareness dan meningkatkan value dengan kampanye melalui media sosial dan komunitas-komunitas kecil, kata CEO Cleveland Indonesia, Akbar Trilo.

Mengenai kota mana saja yang akan disasar pada tahap awal, Akbar Trilo mengaku bahwa Cleveland Indonesia sudah mengunjungi beberapa kota besar di Indonesia dengan karakter yang berbeda-beda.

Dari hasil kunjungannya itu, Cleveland akan memulai penetrasi pemasaran dari kota-kota yang kental dengan fashion seperti Yogyakarta, Bali, dan Bandung, sesuai feel CCW yakni custom dan gaya hidup.

"Semua gradual tapi pasti, mulai dari Yogya dan Bali," kata Akbar Trilo disela penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara Cleveland dengan Kustomfest di Jakarta Selatan, Rabu.

Pada ajang festival kustom tahunan di Yogyakarta, Kustomfest, Cleveland akan menghadirkan tiga varian motor bermesin 250cc yakni Cleveland Ace Deluxe yang bergaya retro, Cleveland Heist dengan tampang traditional chopper, dan Cleveland Misfit yang berdesain cafe racer.

Kerja sama dengan Kustomfest, kata Akbar, terjalin setelah Cleveland melihat dua tahun penyelenggaraan Kustomfest yang berlangsung sukses. Itu mendorong penciptaan potensi pasar baru yang lain untuk pemasaran Cleveland.

"Kami sadar pasar kami segmented, oleh karena itu dibutuhkan strategi yang kreatif dan efektif, salah satunya menyasar komunitas di Kustomfest," jelas CEO agen pemegang merk Cleveland CycleWerks di Indonesia itu.

Direktur Kustomfest, Lulut Wahyudi, mengaku bangga bermitra dengan Cleveland dan Kustomfest 2014 dipercaya sebagai tempat peluncuran produk-produk Cleveland.

Kustomfest tahun ini akan mengambil tema "Kustom Rule", dan akan terus memacu para builder di Indonesia memiliki kualitas dan identitas diri untuk bisa bersaing di dunia.

"Tentu saja dari sisi penyelenggaraan event juga kita terus benahi dan tingkatkan," kata Lulut.

Selain menyiapkan spare part dan custom kit untuk tiap tipe motor, Cleveland Indonesia bersama Kustomfest juga menyiapkan berbagai rangkaian program pendukung sekaligus strategi pemasaran Cleveland di Indonesia.

Antara lain melalui bekerja sama dengan dengan para builder di Indonesia dalam membangun custom bike dan sekaligus mengedukasi pasar. Cleveland Indonesia juga akan memfasilitasi para pemilik motor dalam sebuah wadah bernama Cleveland Rider Group.
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014