Struktur kimia baking soda adalah abrasif ringan yang berfungsi efektif dalam menghilangkan noda dari permukaan gigi kita.
Jakarta (ANTARA News) - Makanan dan minuman yang kita konsumsi dapat mempengaruhi warna gigi kita. Berikut ini terdapat enam jurus memutihkan gigi tanpa harus pergi ke dokter gigi.

1. Baking soda

Produk dapur ini telah lama populer digunakan sebagai pengganti pasta gigi. Zat ini tidak hanya dapat membersihkan gigi, tetapi juga dapat berfungsi sebagai pemutih gigi.

Struktur kimia baking soda adalah abrasif ringan yang berfungsi efektif dalam menghilangkan noda dari permukaan gigi kita.

Menurut American Chemical Society, kristal lembut baking soda, dalam larut dalam air, sehingga memungkinkannya menembus ke dalam tepi gigi.  Hal ini seperti dilansir Medical Daily.

Namun, karena sifatnya yang sangat abrasif, baking soda hanya dapat digunakan sebagai pemutih gigi sekali atau dua kali dalam sebulan.

2. Permen karet

Permen karet bebas gula dapat membantu mengurangi kadar asam dan bakteri berbahaya pada mulut kita.

Di samping itu, mengunyah permen karet dapat membantu merangsang produksi air liur. Air liur mengandung surfaktan dan enzim khusus yang dapat melindungi gigi kita menjadi berwarna.

Seiring dengan bertambahnya usia, kelenjar saliva pun menyusut sehingga memproduksi lebih sedikit air liur. Oleh karena itu, mengunyah permen karet dapat membantu meningkatkan aliran air liur dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

3. Buah dan sayuran segar


Duo jenis makanan ini dapat "memperpanjang" kesehatan gigi. Wortel mentah, seledri dan apel segar dapat membersihkan enamel gigi tanpa menyebabkan kerusakan. Semakin renyah buah atau sayuran maka semakin baik.

"Makanan yang tinggi dalam selulosa - zat pati yang ditemukan dalam seledri, wortel, dan apel - bertindak sebagai abrasif alami, membersihkan gigi dan menghilangkan noda permukaan secara alami, ujar dokter gigi dari New Yorl City, Dr.Jeff Golub-Evans.

Ia menambahkan, sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan selada mengandung senyawa mineral yang membentuk sebuah film di atas gigi, sehingga pigmen dari makanan lain tidak menyebabkan noda.

4. Keju dan susu

Keju atau produk susu baik untuk kesehatan gigi Anda karena mengandung kalsium tinggi yang penting agar tulang dan gigi kuat.

Asam laktat yang ditemukan dalam produk susu dapat memperkuat enamel dan mencegah kerusakan gigi.

Mengkonsumsi makanan seperti susu akan membantu membuat gigi tetap putih.

5. Stroberi


Buah ini secara alami kaya akan vitamin C yang dapat membantu menghilangkan penumpukan plak pada gigi kita.

Menurut Royal Society of Chemistry, kandungan asam malat dalam buah stroberi dapat mencegah dan menghilangkan noda di gigi.

Anda cukup mengiris dan menggosokkan stroberi pada gigi atau mencampur buah ini dengan pasta gigi. Kemudian, biarkan selama lima menit sebelum berkumur dengan air.

6. Minyak

Mengoleskan minyak seperti minyak kelapa, bunga matahari dan wijen pada gigi setiap pagi sebelum sarapan diklaim dapat menghilangkan plak dan ekstrak racun dari tubuh. Minyak kelapa  juga dapat membuat gigi lebih putih.

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014