Makassar (ANTARA News) - Tiga tokoh Indonesia meraih anugerah bintang jasa dari Pemerintah Jepang atas jasa mereka dalam memperkokoh hubungan antara Indonesia dengan Jepang.

Kantor Konsulat Jepang dalam siaran pers yang diterima Antara di Makassar, Senin, mengumumkan tiga tokoh yang memperoleh penghargaan untuk musim semi tahun 2014 adalah Sapto Darsono (74), Femmi Umboh (61) dan Rifzal Rivai (61).

Sapto Darsono meraih bintang tanda jasa The Order of The Rising Sun, Gold and Silver Rays.

Sapto Darsono adalah Ketua Umum Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia dan mantan Ketua Umum IKA JICA (ketua pertama), karena itu ia dinilai berjasa dalam memberikan kontribusi bagi promosi bonsai di Indonesia dan mempromosikan persahabatan Indonesia-Jepang.

Sapto Darsono pernah mengikuti program training JICA bidang teknik komputer bagi pejabat senior di Jepang dan setelah kembali ke Tanah Air menjabat sebagai Ketua IKA JICA selama 20 tahun dari tahun 1981 sampai tahun 2001.

Sementara itu, Femmi Umboh meraih bintang tanda jasa The Order of The Sacred Treasure, Gold and Silver Rays.

Femmi ada;aj staf Kedutaan Besar Jepang di Indonesia yang berjasa dalam memberikan kontribusi dalam kegiatan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia.

Femmy bekerja di bagian konsulat di Kedutaan Besar Jepang di Indonesia sejak tahun 1976, mengerjakan tugas-tugas konsulat dengan efisien dan penuh pengabdian, menangani dengan rinci konsultasi seperti aplikasi visa dan lain-lain.

Selanjutnya, Rifzal Rivai yang meraih bintang tanda jasa The Order of The Sacred Treasure, Gold and Silver Rays.

Rifzal juga merupakan staf Kedutaan Besar Jepang di Indonesia yang berjasa memberikan kontribusi dalam kegiatan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia.

Rifzal bekerja di Kedutaan Besar Jepang di Indonesia sejak tahun 1977 dan selama 36 tahun bekerja sebagai staf lokal di bagian administrasi, bagian akunting, dan bagian ekonomi.

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014