Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar pertemuan dengan 14 duta besar (dubes) yang berasal dari berbagai negara di Benua Amerika.

Pertemuan yang terangkum dalam kegiatan bertajuk Diplomatic Corps Gathering 2014 itu dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) sebagai wakil dari pihak Pemprov DKI.

Jokowi mengatakan dalam pertemuan tersebut banyak dibahas berbagai isu terkait dengan pembangunan Kota Jakarta, terutama mengenai peluang investasi.

"Melalui pertemuan ini, kita mencoba untuk membuka peluang-peluang investasi, baik di negara luar maupun di tempat kita sendiri. Tapi ini baru awal, masih penjajakan," kata Jokowi usai pertemuan yang digelar di Restoran Oasis, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa malam.

Menurut mantan Walikota Solo itu, pertemuan seperti yang dilakukan dengan 14 dubes malam itu dapat lebih dirasakan manfaatnya daripada mengadakan dialog dalam suatu forum besar.

"Kita menginginkan pendekatan yang lebih personal, makanya kita gelar pertemuan ini. Masalah yang dibahas juga langsung mengenai intinya, jadi lebih kena ke akar permasalahan," ujar Jokowi.

Selain investasi, dia menuturkan permasalahan lain yang dibahas dalam pertemuan tersebut yakni terkait proyek-proyek besar yang ada di Jakarta, seperti pembangunan tanggul laut raksasa atau giant sea wall.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan pertemuan tersebut diadakan untuk mengetahui persepsi suatu negara terhadap Indonesia, terutama Jakarta sebagai ibukota negara.

"Kita mau tahu seperti apa persepsi mereka terhadap kita. Intinya, mereka semua melihat bahwa sebetulnya kita mampu menyelesaikan persoalan-persoalan besar, seperti banjir dan transportasi. Kita punya image seperti itu," ujar Jokowi.

Sebanyak 14 dubes yang hadir dalam pertemuan itu, antara lain berasal dari Argentina, Brazil, Kanada, Chili, Colombia, Kuba, Ekuador, Meksiko, Panama, Paraguay, Peru, Suriname, Amerika Serikat dan Venezuela. Selain itu, hadir pula dubes Amerika untuk Asia Tenggara (ASEAN).

Diplomatic Corps Gathering adalah kegiatan tahunan yang digelar dalam rangka menjembatani komunikasi dan koordinasi antara Pemprov DKI Jakarta dan perwakilan negara asing dan organisasi internasional.

(R027/H-KWR)

Pewarta: Rr Cornea K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014