Batam (ANTARA News) - Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menyiapkan antara 10 sampai 20 bus karyawan sebagai sarana transportasi pekerja dari pusat-pusat pemukiman di Batam ke kawasan industri yang akan diserahkan mulai pertengahan 2014.

"Pengadaan bus untuk karyawan tersebut akan dilakukan secara bertahap antara Juni sampai Oktober tahun ini," kata Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Elvyn G Masassya di Kabil, Batam, Kamis.

Sementara itu, kata dia, untuk pengelolaan bus dan penentuan jalur-jalur pelayanannya akan diserahkan pada Pemerintah Kota Batam.

"BPJS Ketenagakerjaan menilai pekerja Batam perlu mendapatkan sarana transportasi yang layak sehingga mempermudah akses dari tempat tinggal ke tempat kerja," kata Elvyn.

Elvyn mengatakan pemilihan Batam untuk menerima bantuan bus-bus tersebut tidak terlepas dari posisinya yang menjadi salah satu basis peserta BPJS-Ketenagakerjaan tertinggi di Indonesia.

"Saat ini BPJS sudah membangun banyak rusun di Batam. Salah satunya di Kabil yang memiliki sekitar 1.000 unit untuk disewakan. Secara berkala kami akan menambah rusun dan sarana transportasi ke pusat-pusat industri bagi penghuninya," kata dia.

Selain membangun rusun di Batam, kata dia, BPJS Ketenagakerjaan juga akan membangun rumah untuk pekerja di Kota Karawang sebanyak 500 unit, Serang dan Malang masing-masing 1.500 unit.

"Untuk daerah tersebut akan dibangun perumahan, bukan rusun. Kami memang memperuntukan rumah tersebut bagi pekerja yang sudah berkeluarga. Di Batam, kami akan membangun jika yang saat ini ada bisa terisi penuh," kata Elvyn.

Sementara BPJS Kesehatan, kata dia, akan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk membangun rumah dan rusun bagi para pekerja.

Di Indonesia, setiap tahun kebutuhan rumah bagi tenaga kerja baru mencapai 800 ribu unit. Sementara hingga saat ini kebutuhan rumah bagi penduduk masih kurang 10 juta unit.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan berada di Kabil Batam untuk menerima penyerahan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Mandiri berupa taman/hutan kota di kompleks perumahan pekerja Kabil yang diserahkan langsung oleh Dirut Mandiri Budi G Sadikin.

Pewarta: Larno
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014