... hanya pertanyaan mengenai menemukan irama saya, level permainan saya... "
Madrid (ANTARA News) - Petenis peringkat satu dunia Rafael Nadal tetap berada di jalur untuk mempertahankan gelar Madrid Masters-nya melalui kemenangan 6-1, 6-4 atas Jarkko Nieminen asal Finlandia, Kamis.

Nadal memasuki turnamen ini dengan dihinggapi keraguan-keraguan setelah ia menelan kekalahan dari David Ferrer dan Nicolas Almagro di perempat final Monte Carlo Masters dan Barcelona Terbuka.

Bagaimanapun, ia terlihat dalam penampilan yang baik saat ia memenangi sembilan dari 10 game pembuka untuk memimpin 6-1, 3-0.

Nieminen kemudian sempat mengancam untuk bangkit ketika ia mematahkan servis Nadal dan bahkan menggenggam "break point" pada skor 4-4 di set kedua, namun Nadal mampu bertahan sebelum mengunci kemenangan ketika petenis peringkat 57 dunia itu melepaskan pukulan yang terlalu keras pada game berikutnya.

"Saya gembira sebab saya pikir sampai 3-0 di set kedua, saya memainkan permainan terbaik di lapangan tanah liat sejak saya memulainya di Monte Carlo," kata Nadal.

"Ini hanya pertanyaan mengenai menemukan irama saya, level permainan saya, dan saya melakukannya sedikit demi sedikit. Besok akan terdapat pertandingan berat lainnya, dan saya perlu melakukan persiapan dengan baik untuk itu."

"Saya melakukan apa yang perlu saya lakukan pada hari ini dan saya hanya perlu menemukan lebih sedikit konsistensi yang hilang dari saya setelah skor 3-0 pada set kedua."

Pertandingan selanjutnya bagi juara 13 Grand Slam ini adalah menghadapi unggulan keenam Tomas Berdych setelah petenis Ceko itu menyelesaikan pertarungan tiga set dengan petenis Bulgaria unggulan ke-12 Grigor Dimitrov, dengan skor 3-6, 6-3, 6-2.

Petenis Jepang Kei Nishikori meneruskan penampilan bagus di lapangan tanah liat setelah menjuarai Barcelona Terbuka dua pekan silam, ketika ia menaklukkan unggulan kedelapan Milos Raonic melalui dua tie break 7-6 (7/5), 76 (7/5).

Serena Williams juga memelihara peluangnya untuk meraih gelar Madrid Terbuka ketiga secara beruntun, berkat kemenangan 6-2, 6-3 atas Carla Suarez Navarro asal Spanyol.

Servis Williams dua kali dipatahkan pada tiga "service game" pertama, namun Suarez Navarro tidak mampu mengonsolidasikan "break" dan saat petenis AS itu unggul 4-2, ia memenangi set dengan dengan nyaman.

Hal yang kurang lebih sama terjadi pada set kedua, ketika Suarez Navarro hanya mampu menahan serve sebanyak satu kali dan, meski ia servenya dipatahkan dua kali, Williams mampu menyiapkan pertemuan dengan unggulan kelima Petra Kvitova pada delapan besar.

"Seingat saya, saya pernah bermain melawan Carla di tanah liat pada tahun lalu, namun di Roma. Saya merasa sepertinya ia benar-benar bermain baik pada hari ini, ia membuat saya bekerja keras untuk setiap angka dan ini bukan kemenangan mudah," kata Williams.

Kvitova juga memenangi pertandingan dua set, saat ia mengalahkan sesama petenis Ceko Lucie Safarova 6-4, 6-3.

Unggulan kedua Li Na menjalani pagi yang lebih sulit ketika ia harus bangkit dari tertinggal satu set, untuk mengalahkan unggulan ke-16 Sloane Stephens 2-6, 6-3, 6-2.

Juara Australia Terbuka itu tidak memiliki jawaban terhadap kekuatan Stephens pada set pertama, ketika ia kehilangan set pertamanya pada pekan ini.

Bagaimanapun, ia meresponnya dengan baik ketika satu break serve sudah cukup untuk membuat pertandingan ini diteruskan dengan set ketiga, dan bintang Tiongkok itu dengan cepat mengendalikan set penentu ketika ia melaju untuk unggul 4-0 sebelum memastikan kemenangannya.

"Saya pikir ia memukul bola dengan benar-benar keras. Normalnya, para petenis putri bermain lebih datar, namun ia bermain benar-benar keras dan ini adalah pertama kalinya saya bermain melawan dia, maka ia menyebabkan banyak masalah bagi saya," kata Li.

"Setelah set pertama saya harus berkata kepada diri sendiri untuk tenang. Setelah itu Anda dapat melihat saya hanya melaju ke depan, jika tidak Anda tidak akan menemukan jalan kembali."

Berikutnya Li akan berhadapan dengan juara empat Grand Slam Maria Sharapova atau Sam Stosur asal Australia di delapan besar.

Unggulan ketiga asal Polandia Agnieszka Radwanska juga melaju ke perempat final, setelah ia mengalahkan petenis Italia Roberta Vinci 6-1, 6-1.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014