Newcastle (ANTARA News) - Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Newcastle, Inggris mengelar acara "Discover Indonesia" dengan menampilkan pertunjukan seni dan budaya seperti tari saman dan ngibing, bertempat di kampus Newcastle University, Newcastle,Inggris.

Selain itu juga digelar lokakarya membatik, gerai angklung dan wayang, gerai kuliner khas Indonesia yang menampilkan beragam pilihan makanan, serta kerajinan yang menawarkan koleksi eksotis Indonesia, kata panitia Discover Indonesia, Maimon Herawati kepada Antara London, Jumat.

Dikatakannya acara yang bertema "A Taste of Indonesia In The Heart of Newcastle" ini diadakan untuk mengenalkan Indonesia pada warga lokal Newcastle dan mahasiswa internasional di kampus Newcastle University.

Atase Pendidikan Kedutaan BesarRepublik Indonesia (KBRI) London, Prof.Dr. T. A. Fauzi Soelaiman menyambut gembira kegiatan ini. "Kami sangat mendukung acara ini karena acara ini menceritakan apa saja budaya Indonesia. Saya harapkan masyarakat Newcastle makin mengenal Indonesia," ujarnya.

Ia bangga PPI Newcastle dapat melaksanakan acara dua hari dan berharap, malam puncak acara "Discover Indonesia" yang berisi pertunjukkan seni pada 10 Mei mendatang, makin memasarkan budaya Indonesia di Newcastle.

Mahasiswa jurnalistik Newcastle University, Misa dan Alex, mengungkapkan antusiasme mereka pada acara ini. "Kami kebetulan lewat dan melihat acara ini. Acara ini sangat bagus. Menyenangkan melihat mahasiswa Indonesia mempromosikan kebudayaan mereka."

"Cara kalian mengenalkan budaya kalian sangat kreatif," kata  Misa. Ia dan Alex juga menyempatkan diri berfoto di Selfie Corner".

"Kami berfoto mengenakan pakaian tradisional. Senang sekali," kata Misa.

Antusiasme tidak hanya dirasakan para pengunjung. Salah satu peserta bazar asal York, Novie Bennett, tidak menyangka kunjungan masyarakat akan ramaii. Diperkirakan lima ratus pengunjung mendatangi "Discover Indonesia".

Ketua PPI Newcastle, Bintang Febriyan Sugiyatmo menjelaskan acara ini kegiatan terbesar sepanjang kepengurusannya dan acara berjalan lancar.

Antusiasme masyarakat diharapkan berlanjut sampai acara puncak Sabtu nanti di Northumbria University, Student Union Stage 2. Acara seperti ini tentu akan positif terhadap citra Indonesia di mata dunia, ujarnya

Selain itu, masyarakat Indonesia yang berada di luar negeri juga dapat melepas rindu akan suasana tanah air sekaligus sebagai sarana silaturahmi antar sesama warga negara Indonesia.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014