Tangerang (ANTARA News) - Pelari nasional Jauhari Johan dan Rini Budiarti menjuarai "Pocari Sweat Run 10K" di lintasan lari Alam Sutra Tangerang, Banten, Minggu, setelah menjadi yang tercepat di antara ribuan peserta.

Jauhari Johan dan Rini Budiarti pada kejuaraan ini turun di kelas 10K Close Category atau kelas khusus pelari asal Indonesia selain mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp10 juta juga akan mewakili Indonesia pada kejuaraan 10K di Singapura.

"Ini adalah hasil latihan rutin yang selama ini saya jalani meski sudah di luar pelatnas. Ternyata saya masih diberi kesempatan untuk menang," kata Jauhari Johan.

Pada kejuaraan yang juga mempertandingkan kelas 5K dan 2,5K ini, Jauhari Johan mampu membukukan catatan waktu 33 menit dan 23 detik. Untuk posisi dua direbut oleh Sain Alim dengan waktu 33 menit dan 32 detik, sedangkan posisi tiga direbut Asmara Bara dengan waktu 36 menit dan empat detik.

"Pada kejuaraan ini banyak sekali atlet yang potensial. Jika mereka terus diberikan kesempatan mengikuti lomba, saya yakin Indonesia tidak akan kehabisan stok atlet," kata Jauhari.

Jika Jauhari Johan menjadi yang tercepat di kelas khusus atlet Indonesia, maka pelari Kenya Geoffrey menjadi yang tercepat untuk kelas terbuka dengan catatan waktu 29 menit dan 44 detik. Posisi dua dan tiga juga diduduki pelari Kenya lainnya yaitu Peter Keter dan Alex Melly.

Untuk kategori putri khusus Indonesia, Rini Budiarti menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 37 menit dan 43 detik, posisi dua Unik Setyorini dengan 37 menit dan 49 detik dan posisi tiga Afriana Paijo dengan waktu 37 menit dan 55 detik.

Sedangkan kelas putri terbuka, pelari asal Kenya Waratumo Cecilia dengan 39 menit dan 02 detik, posisi dua direbut pelari Kenya lainnya Caroline Kigen dengan waktu 39 menit dan 32 detik. Posisi tiga direbut pelari Indonesia, Supriati dengan waktu 40 menit dan 5 detik.

Sementara itu Product Marketing Manager Pocari Sweat Ivan Tigana mengatakan pihaknya sangat mendukung salah satu kegiatan olahraga yang cukup populer di Indonesia. Apalagi perkembangannya saat ini cukup pesat.

"Saat ini mulai banyak kompetisi lari. Makanya kami membuat kejuaraan juga dengan tema #saverunning untuk berlari yang sehat, menyenangkan dan bebas cedera," katanya.

Kejuaraan "Pocari Sweat Run 10K" selain melibatkan pelari internasional dan nasional juga diikuti oleh pelajar dari wilayah Jakarta dan sekitarnya. Para pemenang 10K, 5K, 2,5K untuk kategori nasional akan diikutkan pada kejuaraan yang sama di Singapura, 8 Juni.
(B016)

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014