Karnaval IT diharapkan dapat menambah pengetahuan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat mengenai IT. Di sektor pendidikan, mudah-mudahan kegiatan ini bisa memberikan kontribusi positif dalam peningkatan mutu pendidikan di Lampung."
Bandarlampung (ANTARA News) - Sebanyak 17 tim pelajar SMA/SMK sederajat se-Lampung bersaing dalam Kompetisi Cerdas Cermat Komputer (KCCK) yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Manajemen Informatika dan Sistem Informasi (Hima-Misi) Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Darmajaya.

Informasi dari Ketua Hima Misi IBI Darmajaya, Tanginudin di Bandarlampung, Selasa, KCCK yang telah dimulai Senin (12/5) kemarin ini memperebutkan piala bergilir, uang tunai, trofi dan piagam.

Dia menjelaskan, KCCK itu berbeda dengan lomba cerdas cermat pada umumnya, mengingat materi yang disampaikan mencakup pengetahuan tentang komputer, mulai dari excel, word, hardware, software, sistem operasi, web, jaringan, sejarah komputer, dan ilmu pengetahuan umum.

Sebanyak 17 tim, akan diambil 9 tim untuk mengikuti babak semifinal dan final pada Selasa hari ini.

Mereka yakni SMKN 2 Terbanggi Besar Lampung Tengah Tim B, SMK 2 Mei Bandarlampung, SMK Al Kautsar Bandarlampung Tim A, SMKN 2 Terbanggi Besar Tim A, SMK 2 Mei Bandarlampung Tim B, SMA Al Kautsar Bandarlampung Tim B, SMAN 1 Gading Rejo, SMK Muhammadiah 1 Metro Tim B, dan SMKN 2 Bandarlampung.

"Dari 9 tim ini, akan diambil pemenang 1, 2, dan 3 serta juara umum. Sedangkan untuk jurinya, kami melibatkan relawan teknologi informasi dan komunikasi Lampung. Dengan kompetisi ini, mudah-mudahan para pelajar terdorong untuk lebih mendalami teknologi informasi," katanya lagi.

Tanginudin menambahkan, KCCK merupakan salah satu rangkaian Karnaval IT Session II IBI Darmajaya yang akan berlangsung selama sepekan.

Beberapa rangkaian kegiatan lainnya yang akan dilaksanakan, yakni bazaar produk IT, workshop cyber security oleh David Kurniawan SKom CCNA dari CS Corpotarion, kontes robot line follower atau kontes robot untuk siswa SMA sederajat, dan terakhir yakni pelatihan web dinamis, khusus bagi mahasiswa MI dan SI IBI Darmajaya.

"Bazar berlangsung hingga Sabtu (17/5) mendatang. Di sini kita bisa mendapatkan produk-produk IT dengan harga lebih terjangkau. Kami juga akan menyelenggarakan seminar E-library, seminar branding and digital marketing, dan lomba web local cost. Tak hanya berlaku untuk pelajar dan mahasiswa, masyarakat yang ingin berpartisipasi juga bisa ikut dalam acara ini," ujar Tanginudin.

Dia menambahkan, karnaval IT IBI Darmajaya tahun ini mengusung tema "Berbagi Ilmu di Pesta IT".

Kegiatan ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan Dies Natalis IBI Darmajaya XVII, sekaligus menjadi salah satu media pendidikan dan kompetisi di bidang IT.

Hima Misi mengajak masyarakat untuk bersama-sama mensinergikan antara pendidikan dan teknologi informasi.

"Karnaval IT diharapkan dapat menambah pengetahuan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat mengenai IT. Di sektor pendidikan, mudah-mudahan kegiatan ini bisa memberikan kontribusi positif dalam peningkatan mutu pendidikan di Lampung," ujar Tanginudin pula.

Saat membuka acara tersebut di Kampus IBI Darmajaya Bandarlampung, Senin (12/5), Kepala Biro Kemahasiswaan dan Pemasaran IBI Darmajaya, Muprihan Thaib, SSos, MM, mewakili Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Pengembangan Sumber Daya, Novita Sari, SSos, MM menuturkan, Karnaval IT ini merupakan wadah atau jembatan bagi mahasiswa untuk berpartisipasi memajukan pendidikan IT di Indonesia, khususnya Provinsi Lampung.

"Melalui kegiatan ini, mudah-mudahan dapat meningkatkan pengetahuan pelajar, mahasiswa, masyarakat dalam bidang IT, serta memberi pengetahuan lebih pada guru tentang bagaimana cara yang efektif untuk memanfaatkan IT dalam dunia ajar atau dunia pendidikan," ujarnya lagi. (B014)

Pewarta: Budisantoso Budiman
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014