Jakarta (ANTARA News) -  Sevilla menjadi juara Liga Europa musim 2013/2014 setelah menang adu penalti 4-2 dari lawannya Benfica pada final turnamen tersebut di Juventus Stadium, Turin, Italia, dini hari ini.

Setelah sampai 120 menit kedudukan tetap 0-0, pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti di mana Benfica gagal pada dua tendangan.

Beto menjadi pahlawan kemenangan Sevilla dengan menahan tendangan penalti Oscar Cardozo dan Rodrigo.

Lima sukses pada tendangan pertama Benfica, lalu dibalas Carlos Bacca, namun tendangan penalti kedua Benfica yang dilepaskan Oscar Cardozo ditepis Beto.

Tendangan Stephane M'bia sukses masuk gawang untuk membawa Sevilla di atas angin, sedangkan Rodrigo untuk kedua kalinya membuat Benfica gagal karena kecemerlangan Beto.

Coke lalu membuat Benfica semakin unggul, dan kendati tendangan penalti Luisao tak bisa ditahan Beto, keadaan sudah tak lagi berpihak pada Benfica setelah Kevin Gameiro sukses pada tendangan penalti keempat Sevilla.  Tendangan penalti kelima pun tidak diteruskan karena sudah tidak menentukan lagi.

Sevilla pun untuk ketiga kalinya dalam sejarah klub ini merebut gelar turnamen Eropa ini, sedangkan untuk kedelapan kalinya Benfica gagal pada final turnamen Eropa yang diikutinya sejak 1962.

Sevilla lolos ke final tepat sembilan bulan mereka memenangi pertandingan pertama pada turnamen musim ini melawan FK Mladost Podgorica. Sebelum sukses di final, Sevilla melewati 18 pertandingan yang disebut UEFA.com disebut sebagai upaya fantastis dari tim yang diasuh oleh Unai Emery tersebut.

Sebaliknya Benfica tetap tak bisa memenangkan delapan final turnamen Eropa, termasuk lima kali menjadi finalis Piala Eropa/Liga Champions.

Mereka kalah tiga kali pada final Piala UEFA/Liga Europa, masing-masing  dari RSC Anderlecht pada final 1982/1983, dari Chelsea FC musim lalu di Amsterdam dan kini dari Sevilla di Turin, Italia.

Susunan pemain:
Sevilla FC
: Beto, Federico Fazio, Daniel Carrico, Alberto, Nicolas Pareja, Coke Andujar, Stephane M'Bia, Ivan Rakitic, Jose Antonio Reyes (Marko Marin/Kevin Gameiro), Vitolo (Diogo Figueiras), Carlos Bacca

Benfica: Jan Oblak, Luisao, Maxi Pereira, Guillherme Siqueira (Óscar Cardozo), Ezequiel Garay, Ruben Amorim, Nicolas Gaitan (Ivan Cavaleiro), Andre Gomes, Miralem Sulejmani (Andre Alemeida), Lima, Rodrigo

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014