...tanahnya subur dan kebutuhan pupuk alam tersedia.
Cirebon (ANTARA News) - Ribuan hektare lahan pertanian di Kabupaten Indramayu dan Cirebon, Jawa Barat, berpotensi untuk mengembangkan tanaman kedelai.

"Lahan pertanian di Cirebon dan Indramayu sangat berpotensi untuk kembangkan kedelai, karena tanahnya subur dan kebutuhan pupuk alam tersedia," kata Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Cirebon, Ali Efendi, di Cirebon, Kamis.

Ia mengatakan, kedelai mudah perawatan dan hemat modal tanam dibandingkan padi, tetapi butuh pengalaman, pengetahuan bagi petani Cirebon--Indramayu untuk budidaya kedelai tersebut.

Tanam kedelai sangat menguntungkan bagi para petani, kata dia, karena kebutuhan kedelai untuk produksi tempe dan tahu mengandalkan pasokan impor, kesempatan baik memenuhi permintaan perajin lokal.

Sementara itu para petani di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, siap mengembangkan kedelai hitam untuk memenuhi permintaan pasar lokal karena tanaman tersebut cocok dan potensial ditanam di pesisir pantai.

"Kebutuhan kedelai cukup tinggi, kesempatan petani lokal untuk terus mengembangkan tanaman tersebut. Rencananya sejumlah petani di daerah pantura Kabupaten Indramayu siap mengembangkan kedelai hitam," kata Ir Anang, Kepala Seksi Penyuluhan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Indramayu.

Menurut Anang, perawatan kedelai hitam oleh petani lokal akan cepat dipahami karena mereka biasanya menanam sayuran dataran rendah, selain itu lahan pertanian di pantura Indramayu subur dan mudah mendapatkan pupuk alami.

Sementara itu, Munari, petani setempat mengaku dirinya siap mengembangkan kedelai hitam dan kedelai biasa, karena permintaan dari pasar lokal cukup tinggi. Ini kesempatan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

(KR-EJS)

Pewarta: Enjang Solihin
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014