perubahan jadwal perjalanan KA mulai 1 Juni tersebut perlu dicermati oleh calon penumpang
Purwokerto (ANTARA News) - Sebanyak enam kereta api yang diberangkatkan dari wilayah PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi V Purwokerto, Jawa Tengah, mengalami perubahan jadwal keberangkatan mulai 1 Juni 2014.

"Perubahan jadwal keberangkatan ini akibat diberlakukannya Gapeka (Grafik Perjalanan Kereta Api) 2014. Dari sembilan KA asal pemberangkatan Daop 5 Purwokerto sebanyak enam KA berubah menjadi lebih awal jam keberangkatannya," kata Manajer Humas PT KAI Daop V Purwokerto Surono di Purwokerto, Jumat.

Ia mengatakan enam KA dari Daop V Purwokerto yang mengalami perubahan jadwal keberangkatan, dua di antaranya diberangkatkan dari Stasiun Purwokerto, yakni KA Logawa tujuan Jember yang semula pukul 06.00 WIB berubah menjadi 05.40 WIB dan KA Kamandaka jurusan Semarang yang sebelumnya pukul 05.10 WIB berubah menjadi pukul 05.00 WIB.

Selain itu, satu KA yang diberangkatkan dari Stasiun Cilacap, yakni KA Purwojaya tujuan Gambir yang biasanya berangkat pukul 18.15 WIB berubah menjadi pukul 18.05 WIB.

Sebanyak tiga KA lainnya diberangkatkan dari Stasiun Kutoarjo, yakni KA Kutojaya Selatan jurusan Kiaracondong Bandung bergeser dari pukul 09.15 WIB menjadi pukul 08.10 WIB, KA Kutojaya Utara tujuan Pasarsenen berubah dari pukul 17.00 WIB menjadi pukul 16.30 WIB, dan KA Sawunggalih Malam tujuan Pasarsenen yang biasanya berangkat pukul 18.30 WIB menjadi pukul 18.25 WIB.

"Selain pergeseran jam keberangkatan KA, dalam jadwal baru nanti juga terjadi beberapa perubahan pemberhentian kereta api, antara lain di Stasiun Kroya terdapat lima KA yang selama ini tidak berhenti (langsung jalan, red), nantinya akan berhenti. Kelima KA tersebut terdiri KA Lodaya Malam dan KA Malabar tujuan Bandung serta tiga KA dari Bandung, yakni KA Lodaya Malam, KA Malabar, dan KA Mutiara Selatan," katanya.

Selain itu, kata dia, di Stasiun Kutoarjo selama ini terdapat enam KA yang tidak berhenti atau berjalan langsung, namun dalam Gapeka 2014 keenam KA tersebut akan berhenti.

Dia mengatakan enam KA tersebut, terdiri atas KA Turangga tujuan Bandung, KA Argo Wilis tujuan Bandung, KA Mutiara Selatan tujuan Bandung, KA Argo Wilis tujuan Surabaya, KA Taksaka Malam tujuan Jakarta, dan KA Senja Utama Solo tujuan Solo.

Surono mengatakan perubahan jadwal perjalanan KA mulai 1 Juni tersebut perlu dicermati oleh calon penumpang.

"Terutama untuk berbagai KA yang jam keberangkatannya bergeser lebih awal. Hal ini untuk menghindarkan penumpang tertinggal kereta api," katanya.

Kendati demikian, dia mengatakan bahwa calon penumpang tidak perlu khawatir karena semua jam keberangkatan KA sudah tercetak dalam tiket.

Dengan demikian, kata dia, penumpang tinggal menyesuaikan dengan jadwal keberangkatan yang ada pada tiketnya.

"Kami telah menyesuaikan jadwal keberangkatan yang tercetak pada tiket mulai tanggal pemesanan 3 April atau 90 hari (H-90) sebelum keberangkatan tanggal 1 Juni 2014," katanya.

Ia mengatakan berdasarkan Gapeka 2014, jam keberangkatan 31 KA lintas selatan tujuan Jakarta dan Bandung bergeser lebih awal dari jadwal keberangkatan yang berlaku saat ini.

Ia mengatakan 31 KA lintas selatan tersebut terdiri atas 22 KA jurusan Jakarta dan sembilan KA jurusan Bandung.

"Sementara 31 KA lainnya bergeser mundur dari jadwal saat ini dan dua KA lainnya tetap," katanya.

Dari sejumlah KA yang bergeser menjadi lebih awal tersebut, kata dia, terdapat sembilan KA yang pergeseran waktunya cukup signifikan karena mencapai satu jam atau lebih.

Ia mengatakan sembilan KA tersebut terdiri atas tiga KA tujuan Jakarta (Taksaka Siang, Bima, dan Gajayana), tiga KA dari Jakarta (Gaya Baru Malam, Bengawan, dan Sawunggalih Malam), satu KA tujuan Bandung (Kutojaya Selatan), dan dua KA dari Bandung (Turangga dan Mutiara Selatan).

Dia mencontohkan KA Taksaka Siang tujuan Jakarta yang saat ini berangkat dari Purwokerto pukul 12.21 WIB, pada jadwal baru akan berubah 99 menit lebih awal menjadi pukul 10.42 WIB.

"Hal ini karena adanya pergeseran jam keberangkatan KA Taksaka Siang di stasiun awal (Yogyakarta) yang semula pukul 10.00 WIB menjadi pukul 08.00 WIB," katanya. ***2***



(U.KR-SMT/B/M029/M029) 16-05-2014 14:03:02

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014