Lagos (ANTARA News) - Gelandang Chelsea John Obi Mikel yang melakukan debutnya pada Piala Dunia akan menjadi penentu sejauh mana Nigeria bisa melaju pada Piala Dunia Brasil.

Mikel, penyerang Victor Moses dan Emmanuel Emenike akan menjadi kunci dari permainan Nigeria, kata mantan pelatih Nigeria Samson Siasia.

"Mikel akan menjadi pemain kunci untuk Nigeria karena dia telah bermain pada level tertinggi untuk Chelsea sejak lama. Pengalaman itu harus dipertimbangkan," katanya seperti dilansir AFP.

Tetapi Siasia, yang melatih Nigeria pada Piala Dunia 1994, juga khawatir Mikel dan beberapa pemain bintang tidak bermain teratur di klub yang dibela mereka.

"Masalah terbesar adalah banyak pemain tidak bermain teratur untuk klubnya dan ini tidak bagus untuk tim."

"Apa yang Anda lakukan ketika para pemain bersama-sama di kamp pelatihan adalah membicarakan taktik dan saya tidak tahu bagaimana (pelatih Stephen) Keshi mengatasi masalah ini."

Mantan penyerang Nigeria Benedict Akwuegbu juga berharap Mikel mengambil peran. Akwuegbu juga melukiskan Mikel sebagai mesin gelandang The Eagles.

Mikel yang melewatkan Piala Dunia empat tahun lalu karena cedera lutut diposisikan sebagai gelandang, namun  lebih dibebaskan untuk menjadi penyerang bersama Ogenyi Onazi.

"Saya melewatkan Piala Dunia 2010 karena cedera. Saya menuju Brasil dengan ekspektasi bagus," kata dia.

"Itu akan bagus dan menjadi hadiah untuk kami. Lihat tim kami sekarang,  kami cukup bagus untuk ke Brasil."

The Eagles, julukan Nigeria akan menghadapi Argentina, Bosnia, dan Iran di Grup F.  Mikel berharap timnya lolos dari fase grup seperti  mereka lakukan pada 1994 dan 1998.

"Hasil bagus seri untuk kami, tetapi tidak akan mudah. Seluruh tim di Piala Dunia memiliki mimpi sama, yakni menang," katanya lagi.

"Argentina menjadi favorit di grup kami tetapi kami tidak boleh menanggap remeh Iran dan Bosnia."

"Argentina berada di puncak, mereka beruntung karena mengalahkan kami tiga kali pada Piala Dunia. Kami sekarang akan mengalahkan mereka. Kali ini mereka tidak akan beruntung."

"Kami akan menang pada laga pembuka melawan Iran karena pertandingan awal selalu penting dalam kompetisi seperti ini, lalu kami memainkan pertandingan lainnya. Saya yakin kami akan berlanjut," tutup Mikel seperti dikutip AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014