Penerbangan langsung Manado-Sorong-Jayapura maka perekonomian Kota Sorong akan semakin ramai, ke depan diharapkan memberi dampak positif pada pertumbuhan ekonomi Papua,"
Sorong (ANTARA News) - Wakil Wali Kota Sorong dr Pahima Iskandar mengatakan hadirnya penerbangan langsung Manado-Sorong-Jayapura akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi (PE) daerah tersebut.

"Penerbangan langsung Manado-Sorong-Jayapura maka perekonomian Kota Sorong akan semakin ramai, ke depan diharapkan memberi dampak positif pada pertumbuhan ekonomi Papua," kata Pahima ketika menyambut kedatangan para penumpang pertama pesawat Garuda rute Manado-Sorong, di Sorong, Selasa.

Peningkatan pertumbuhan ekonomi, kata Pahima secara otomatis akan berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat apalagi terbukanya arus barang dan jasa antar kedua provinsi tersebut.

Selain memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi, kata Pahima para penumpang dapat menikmati keindahan tanah Sorong dan berkesempatan mengunjungi kawasan wisata Raja Ampat yang sangat eksotis.

"Kami menghimbau agar Garuda akan terus meningkatkan pelayanan terbaiknya," jelasnya.

GM Garuda Sorong Mac Fee Kindangen mengatakan pihaknya akan terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan penumpang baik domestik maupun internasional ke Papua.

"Penerbangan perdana Manado-Sorong-Jayapura diharapkan akan terus berlanjut sehingga nantinya dapat diperluas dengan rute langsung ke Sorong lainnya, " kata Kindangen.

Sales Manager Garuda Manado Sapto Haryadi mengatakan uuji syukur penerbangan perdana Manado ke Sorong dapat mendarat dengan selamat.

"Saya mengucapkan terima kasih atas sambutan dari Muspida dan pejabat dari Kota Sorong. Ke depan kita akan terus bersinergi untuk kemajuan daerah Sorong dan Indonesia secara keseluruhan," kata Sapto.

Katanya, penambahan frekuensi juga diharapkan akan terus terjadi.

"Penerbangan perdana ini, dilakukan pada subuh hari pukul 04.50 Wita dengan menggunakan pesawat jenis CRG 1.000, kapasitas penumpang 12 seat untuk kelas bisnis dan 84 kelas ekonomi, sementara penerbangan reguler empat kali seminggu dengan jarak ditempuh Manado-Sorong hanya 1 jam 20 menit," jelasnya.

Anggraini penumpang asal Manado menuju Sorong mengatakan dirinya sangat terbantu dengan dibukanya penerbangan langsung Manado-Sorong karena segala urusannya bisa berjalan dengan lancar.

"Kapan saja mau ke Manado bisa soalnya dalam seminggu ada empat kali penerbangan," jelasnya.(*)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014