Beijing (ANTARA News) - Pakar kuliner Bondan Winarno berhasil meraih juara pertama melalui karyanya "100 Makanan Tradisional Indonesia, Mak Nyus" pada ajang ke-19 "Gourmand World Cookbook" di Beijing, Tiongkok, Selasa malam.

Melalui bukunya yang dirilis kali pertama pada bulan September 2013, Bondan berhasil menyisihkan lima finalis lainnya untuk kategori buku bertemakan makanan kaki lima atau "street food".

"Saya menulisnya 100 makanan tradisional Indonesia, tetapi sebenarnya ada ribuan makanan tradisional Indonesia. Untuk lebih mengetahui dan mengenalnya datanglah ke Indonesia, dan tinggal minimal satu tahun," katanya saat menerima penghargaan itu.

Ajang penghargaan bagi para penerbit, penulis buku, dan jurnalis kuliner itu diikuti sekitar 187 negara peserta. Dari jumlah itu disaring menjadi 43 negara dengan karya terbaik, salah satunya Indonesia.

Dari 102 kategori, Indonesia berhasil meraih juara untuk kategori buku bertemakan makanan kaki lima oleh Bondan Winarno dan kategori makanan sehat oleh Dr. Samuel Oetoro, Erwin, dan Jane Parengkuan.

Pembacaan penghargan kepada para pemenang langsung disampaikan oleh pendiri sekaligus presiden "Gourmand International" Edouard Cointreau.

Indonesia telah dua kali menjadi juara dalam ajang "Oscar" bagi para penerbit, penulis buku, dan jurnalis kuliner itu. "Pertama di London pada tahun 2008 untuk kategori buku bertemakan minuman anggur dan kedua saat ini pada tahun 2014," ungkap Bondan.

Ia mengatakan bahwa penghargaan itu merupakan kebanggaan tersendiri bagi dirinya, yang telah lama berkecimpung dalam dunia kuliner. "Dan, yang lebih penting, kuliner Indonesia ternyata makin dikenal. Jadi, kita harus lebih bangga dengan kuliner kita," katanya.

(R018/D007)

Pewarta: Rini Utami
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014