Google salip Apple sebagai brand top dunia

Google salip Apple sebagai brand top dunia

Pendiri Google Sergey Brin berpose mengenakan nGoogle Glass (REUTERS/Carlo Allegri)

Paris (ANTARA News) - Raksasa mesin pencari Amerika Serikat Google telah menumbangkan raksasa IT pesaingnya Apple sebagai brand top dunia dalam segi nilai, kata lembaga riset pemasaran Millward Brown seperti dikutip AFP.

Nilai brand Google melonjak 40 persen dalam satu tahun menjadi 158,84 miliar dolar AS, sambung Millward Brown dalam laporan 100 Top BrandZ 2014.

"Google luar biasa inovatif tahun ini lewat Google Glass, investasi dalam kecerdasan buatan dan serangkaian kemitraan," kata Benoit Tranzer, kepala Millward Brown France.

Google Glass adalah kacamata terhubung Internet yang dibuat Google dan Luxottica yang adalah raksasa kacamata pembuat Ray-Ban dan merek terkenal lainnya yang membidik pasar Amerika Serikat.

"Semua aktivitas ini memesankan isyarat sangat kuat bagi konsumen mengenai pentingnya Google," kata Tranzer.

Nilai brand Apple, yang mendominasi posisi top dan tiga tahun berturut-turut, jatuh sampai 20 persen menjadi 147,88 miliar dolar AS.

Sepuluh dari 100 top dunia didominasi oleh perusahaan-perusahaan AS. IBM berrada di tempat ketiga dengan 107,54 miliar dolar AS, turun 4 persen, diikuti oleh Microsoft dengan 90,19 miliar dolar AS atau naik 29 persen. Berikutnya McDonald dengan 85,71 miliar dolar AS, diikuti Coca Cola (80,68 miliar dolar AS).

Tiongkok memimpin sektor asuransi dengan Ping An bernilai 12,4 miliar dolar AS dan China Life (12 miliar dolar AS).

Pembuat barang-barang mewah Prancis Louis Vuitton menempati peringkat 30 namun menempati merek barang mewah top dengan nilai lebih dari 25 miliar dolar AS.

Nilai brand dihitung berdasarkan kinerja keuangan sebuah perusahaan dan posisinya terhadap konsumen, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Menkominfo : Google Cloud Platform wujud sinergi teknologi dan dunia usaha

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar