Saya berkunjung ke markas Slank karena tiga alasan. Pertama, karena Slank gencar kampanye antigolput. Kedua, Slank konsisten kampanye antikorupsi..."
Jakarta (ANTARA News) - Calon Presiden Joko Widodo menyambangi markas grup musik Slank di Jalan Potlot III Nomor 14, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

"Saya berkunjung ke markas Slank karena tiga alasan. Pertama, karena Slank gencar kampanye anti golput. Kedua, Slank konsisten kampanye anti korupsi. Ketiga, Slank adalah contoh revolusi mental, anak-anak muda produktif," kata Jokowi di markas Slank, Selasa.

Saat menggelar pertemuan dengan seluruh personel Slank, Jokowi mengaku mendapat banyak sekali masukan, diantaranya tujuh ide moral untuk Indonesia.

"Banyak sekali masukannya. Ada yang disebut dengan tujuh ide moral Indonesia, yang terdiri dari penerapan sistem birokrasi online terbuka, adili semua yang terlibat persoalan hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) serta penguatan pendidikan moral, adat kesopanan dan pendidikan karakter," ujar Jokowi.

Ide moral lainnya adalah pemberantasan korupsi dan terorisme, penerapan lalu lintas keuangan melalui bank, menghormati adat istiadat dengan mengangkat hukum adat setempat serta hukuman maksimal untuk pelaku perbuatan SARA karena merupakan kejahatan kemanusiaan.

"Selain itu, masih ada lagi yang lain, yaitu tujuh ide untuk Negara Indonesia, diantaranya termasuk manifesto Slank. Kemudian, ide mengenai revolusi cinta, dan masih banyak lagi masukan-masukan lainnya," tutur Jokowi.

Jokowi mengungkapkan revolusi cinta adalah rekomendasi 46 nama yang bisa dilibatkan dalam pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla.

"Tapi, nama-namanya belum bisa saya sebutkan karena kita belum bahas masalah nama atau daftar menteri. Kerja sama politik kita itu tanpa syarat. Jadi, nanti kalau kita menang, kita buat kriteria, kemudian baru masukkan nama-nama," ungkap Jokowi.

Sementara vokalis Slank Kaka mengatakan kedatangan Jokowi ke markasnya adalah demi menjalin silaturrahmi dan bertukar gagasan.

"Kedatangan Jokowi ke Potlot memberikan ide yang mungkin bisa jadi gambaran pemimpin ke depan. Kalau saya pribadi ingin punya pemimpin yang memiliki rasa sayang terhadap rakyatnya dan juga alamnya," tambah Kaka.

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014