Ini merupakan salah satu program penting yang diselenggarakan oleh Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Provinsi Kepulauan Riau untuk menampilkan berbagai produk unggulan dan mempromosikan potensi ekonomi daerah,"
Batam (ANTARA News) - Menteri Perindustrian Mohamad S Hidayat membuka acara ASEAN Small Medium Enterprises Expo ketiga yang akan berlangsung pada 30 Mei - 2 Juni di Mega Mall Batam, Kepulauan Riau.

"Ini merupakan salah satu program penting yang diselenggarakan oleh Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Provinsi Kepulauan Riau untuk menampilkan berbagai produk unggulan dan mempromosikan potensi ekonomi daerah," ujar Menperin MS Hidayat di Batam, Jumat.

Menperin mengatakan bahwa program tersebut juga dapat menjadi ajang promosi bagi potensi ekonomi daerah guna menjajaki pasar ASEAN menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada akhir 2015.

Menurut Menperin, MEA merupakan salah satu dari tiga komunitas ASEAN yang telah disepakati untuk diberlakukan dan memiliki empat pilar, yakni terbentuknya pasar dan basis produksi tunggal, kawasan berdaya saing tinggi, kawasan pembangunan ekonomi yang merata dan integrasi dengan perekonomian dunia.

Dalam Expo tersebut, lanjut Menperin, diselenggarakan pameran budaya dengan menampilkan pusaka-pusaka kerajaan nusantara guna menjembatani hubungan kultural antar sesama masyarakat ASEAN yang serumpun.

Sementara itu, lima sultan dari Indonesia yakni sultan Demak, Jambi, Palembang, Kutai dan Banten juga turut hadir untuk memeriahkan pameran dengan berpakaian asal adat masing-masing.

Acara tersebut diikuti oleh delapan negara ASEAN yakni Indonesia, Singapura, Filipina, Malaysia, Kamboja, Vietnam, Brunei Darussalam dan Laos. Sementara Thailand dan Myanmar berhalangan hadir.(*)

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014