Saat ini kita butuh pemimpin yang berorientasi kepada kepentingan, kemajuan serta kejayaan bangsa dan negara,"
Bengkulu (ANTARA News) - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Ahmad Farhan Hamid mengungkapkan beberapa ciri calon presiden ideal untuk periode 2014--2019 yang dibutuhkan bangsa Indonesia.

"Saat ini kita butuh pemimpin yang berorientasi kepada kepentingan, kemajuan serta kejayaan bangsa dan negara," kata dia dalam rangkaian kegiatan Hari Pidato Bung Karno, di Bengkulu, Sabtu.

Menurut dia, pemimpin harus mendahulukan kepentingan negara dan rakyat Indonesia, bukan kepentingan pribadi, golongan serta kelompok tertentu.

"Bukan pula kepemimpinan yang membiarkan hidupnya dalam budaya anarkisme, budaya kekerasan, korupsi, kolusi dan nepotisme," katanya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, Indonesia butuh pemimpin yang pancasilais, setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta UUD 1945, sehingga diyakini mampu memahami karakter dan kultur bangsa Indonesia yang majemuk.

"Pemimpin yang seperti ini kita yakini mampu menerjemahkan visi bangsa untuk masa depan," ucapnya.

Tak kalah penting, calon pemimpin ideal, menurut Ahmad, juga harus memiliki konsep "think globally and act locally".

"Hal ini dapat diimplementasikan guna menghadapi kehidupan berbangsa dan bernegara serta era globalisasi saat ini, sehingga terwujud Indonesia yang demokratis, berdaya saing, maju dan sejahtera dalam wadah satu kesatuan NKRI," ujarnya.

Hal tersebut menurut dia juga sejalan dengan amanat Ketetapan MPR Nomor VII tahun 2001 tentang visi Indonesia masa depan, serta ketetapan Nomor V/MPR/2000 tentang penetapan persatuan dan kesatuan nasional.
(KR-BLW/H-KWR)

Pewarta: Boyke LW
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014