Mungkin Saya sedikit lebih beruntung, saat dia (Ferrer) membuat beberapa kesalahan untuk membantu Saya.
Jakarta (ANTARA News) - Rafael (Rafa) Nadal lolos ke semifinal Prancis Terbuka dengan mengalahkan kompatriotnya sesama Spanyol, David Ferrer, dengan 4-6, 6-4, 6-0, 6-1, di Lapangan Suzanne Lenglen, Paris, Rabu malam waktu setempat.
 
Rafa, Ferrer, Carlos Moya, dan Paman Tony Nadal duduk bersebelahan sambil menunggu hujan berhenti, itu bukan sebuah pemandangan saat Tim Piala Davis Spanyol berlaga.

Saat keduanya bertemu di Lapangan Suzanne Lenglen, persahabatan mereka harus ditinggalkan. Ini hanya sekedar bisnis, dan Rafa melaju ke semifinal ke-9 di Roland Garros, di bawah lampu yang agak temaram.

Pertemuan petenis nomor satu dunia dengan kompatriotnya itu menjadi 21-6 untuk Rafa. Pertemuan keduanya di lapangan tanah liat lebih sering terjadi di Monte Carlo Masters.

"David (Ferrer) di lapangan tanah liat, di manapun, merupakan salah satu pemain terbaik di dunia. Setiap tahun terlihat dia melakukan segalanya lebih baik," kata Rafa sebelum pertandingan.

Memulai dengan bermain lebih agresif, Ferrer yang merupakan unggulan ke-5 turnamen, tampil lebih kuat di set pertama. Mematahkan servis game Rafa untuk keunggulan 3-1, dan mempertahankan servis gamenya. Rafa memukul terlalu lemah pada usaha drop shot dan menyentuh net.

Ferrer juga selalu memilih bermain aman di situasi yang sama seperti pertandingan-pertandingan sebelumnya melawan Rafa. Namun kali ini Ferrer mengambil alih dua kali set point dengan overhead smash dan mengejar pukulan forehand voli Rafa untuk pukulan menyilang menutup set pertama, kedudukan 6-4 untuk Ferrer.

Titik balik Rafa terjadi ketika melakukan servis dalam kedudukan 3-2 deuce di set kedua. Ferrer memperoleh dua kali break point dengan pukulan backhand menyusur garis belakang dan kehilangan dua kali pukulan forehand yang panjang. Kesempatan ketiga Ferrer gagal melakukan dua pukulan backhand yang membuat sang juara bertahan memperoleh set game.

Petenis kelahiran Malorca mendapatkan tiga set point dengan pukulan servis pertama dan mendapatkan kesalahan sebelum memperoleh set game dengan pukulan backhand kemenangan dan menutup pertandingan dengan 4-6, 6-4, 6-0, 6-1.

"Mungkin Saya sedikit lebih beruntung, saat dia (Ferrer) membuat beberapa kesalahan untuk membantu Saya. Setelah set pertama Saya mencoba untuk bergerak lebih dengan forehand. Sementara dia membuat banyak kesalahan ketimbang biasanya," kata Rafa setelah bertanding. Demikian diberitakan situs resmi Prancis Terbuka. (*)

Penerjemah: Ella Syafputri
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014