Wakil Presiden serahkan penghargaan lingkungan hidup

Wakil Presiden serahkan penghargaan lingkungan hidup

Wakil Presiden Boediono (kanan) menyerahkan penghargaan Kalpataru Perintis Lingkungan kepada Zulkifli (kiri) dari Kumpulan Bonjol Nagari Koto Kaciak, Pasaman, Sumatera Barat, pada peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia 2014 di Jakarta, Kamis (5/6). (ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo)

Satu hal yang penting dalam upaya menjaga lingkungan hidup adalah adanya kebijakan yang pas dan langsung tertuju pada akar masalah...
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono menyerahkan penghargaan kepada individu, kelompok maupun perwakilan pemerintah daerah yang berprestasi di bidang lingkungan hidup pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2014 di Istana Wakil Presiden Jakarta, Kamis.

Wakil Presiden mengingatkan semua pihak untuk bersama-sama menjaga lingkungan hidup agar tidak rusak dan bisa dinikmati oleh generasi mendatang.

"Tidak bisa hanya dilakukan pemerintah tapi seluruh bangsa di pemerintahan, sektor dunia usaha, pendidikan, kesehatan, penggiat lapisan masyarakat sampai ke akar rumput," katanya.

"Satu hal yang penting dalam upaya menjaga lingkungan hidup adalah adanya kebijakan yang pas dan langsung tertuju pada akar masalah dan tidak angot-angotan serta konsisten tanpa harus ada gebrakan," katanya.

Penghargaan bidang lingkungan meliputi penghargaan Kalpataru, Penyusun Status Lingkungan Hidup Daerah Terbaik, Adipura, dan Adiwiyata Mandiri.

Penghargaan Kalpataru Perintis Lingkungan diserahkan kepada Mahmud Sukirno, Rusli, Zulkifli, dan Ipin; dan Kalpataru Pengabdi Lingkungan kepada Amrul Sadik Daga, Aiptu Al Aswandi, dan Herman Sasila.

Sedang Kalpataru Penyelamat Lingkungan diberikan kepada Lembaga Adat Teratak Air Hitam, Pengelola Hutan Adat, Letawa Sahabat Lingkungan, serta Kelompok Tani Hutan Sadar Sendiri serta Kalpataru  Pembina Lingkungan kepada PT Tidar Kerinci Agung dan Komunitas Konservasi Indonesia Warsi.

Peraih trofi penghargaan untuk peraih nilai tertinggi dalam penilaian Laporan Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) tingkat provinsi meliputi Sumatera Barat, Jambi dan Jawa Timur sementara pada tingkat kabupaten/kota penerimanya Kabupaten Dharmasraya, Kota Padang, serta Kota Sungai Penuh,

Selain itu ada plakat untuk penyusun laporan terbaik tingkat provinsi untuk Jawa Barat, DKI Jakarta, Sumatera Utara, dan Bali serta plakat untuk penyusunan laporan terbaik tingkat kabupaten/kota diberikan kepada 16 kabupaten/kota.

Anugrah Adipura Kencana 2014 diberikan kepada 10 kabupaten/kota, Anugrah Adipura 2014 kepada kepada 86 kabupaten/kota, dan Piagam Adipura 2014 diberikan kepada 32 kabupaten/kota.

Anugrah Sarana dan Prasarana Terbaik Adiputra 2014 diberikan kepada lima taman kota, satu pasar, dua terminal, dua hutan kota, dan satu tempat pemrosesan akhir (TPA).

Sementara penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri diberikan kepada 47 Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan di 10 provinsi yaitu Sumatera Barat, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, serta Gorontalo.

Acara penyerahan penghargaan itu antara lain dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin, Menteri Riset dan Teknologi Gusti M Hatta, serta para penerima penghargaan lingkungan hidup.

Pewarta:
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar