counter

100 jenis soto tersaji di Pekan Produk Kreatif Indonesia

100 jenis soto tersaji di Pekan Produk Kreatif Indonesia

Rujak Soto, salah satu hidangan khas Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. (ANTARA News/Maryati)

Batam (ANTARA News) - Sebanyak 100 jenis soto dari berbagai daerah di Indonesia disajikan di ajang Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) di Batam, Kepulauan Riau, Jumat.

Di antara 100 jenis soto yang terhidang, ada Soto Padang, Soto Lamongan, Soto Bandung, Soto Mie, Coto Makassar, dan Soto Sulung.

Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi Indonesia Jasa Boga Sulasmiati Supardan mengatakan 24 koki memimpin pembuatan soto-soto tersebut.

Museum Rekor Dunia-Indonesia mencatat penyajian 100 jenis soto itu sebagai rekor baru.

"Soto adalah masakan ikonik Indonesia, kami dorong, sambut baik, inisiatif Lembaga Sertifikasi Profesi Indonesia Jasa Boga yang mengadakan ini," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu.

Sebagian daerah di Indonesia memiliki sajian soto dengan kekhasan masing-masing. Racikan bahan yang digunakan untuk membuat seratus soto yang terhidang di PPKI berbeda-beda, demikian juga dengan rasanya.

Umumnya setiap daerah memiliki soto dengan resep yang turun menurun dari leluhur. Menurut Mari, tidak akan sulit mendapatkan berbagai resep soto khas dari setiap daerah karena pemilik jasa katering biasanya mengumpulkan resep itu sejak bertahun-tahun lalu.

Pemerintah sudah menetapkan Soto Lamongan sebagai kuliner ikonik Indonesia. Namun menurut Mari sebenarnya bukan hanya Soto Lamongan yang ikonik.

Pewarta: Jannatun Naim
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar