Indocement tanam 10.000 bibit mangrove

Kotabaru (ANTARA News) - Produsen semen merk Tiga Roda, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Plant Tarjun, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menanam 10.000 batang bibit mangrove jenis bakau Rhizophora SP di sekitar area perusahaan.

"Penanaman mangrove dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup, merupakan bentuk keseriusan perusahaan produksi semen Tiga Roda, dalam turut serta menjaga dan melestarikan keseimbangan lingkungan," kata General Manager Operation Indocement, Koh Seong Joong, Sabtu.

Teguh Iman Basoeki dari manajemen Indocement menambahkan bahwa penanaman mangrove ini adalah merupakan kegiatan tahun ke-6 yang dilakukan oleh Indocement, sebagai tindak lanjut dari program penanaman tahun-tahun sebelumnya.

Diharapkan, dengan penanaman mangrove bisa menjadi penahan gelombang pasang surut air laut, termasuk menjaga kebersihan area mangrove dari sampah-sampah non organik.

Bagian Environment Indocement Tarjun, Eva Ariani, melalui siaran persnya mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup yang dilakukan setiap tanggal 5 Juni.

Sesuai tema Hari Lingkungan 2014 di lingkungan Indocement Pabrik Tarjun adalah "Action With Mangrove" maka kita melakukan bersih-bersih dan melakukan penanaman bibit di area mangrove PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.

Dia mengatakan, bibit mangrove didapatkan atas kerja sama dengan kelompok masyarakat desa binaan Indocement, dengan tujuan pemberdayaan masyarakat sekaligus pendidikan kepedulian masyarakat dalam memelihara lingkungan.

Khususnya area mangrove, pembibitan mangrove dilakukan mulai dari tanam bakal tunas sampai bibit siap tanam yang dilakukan oleh kumpulan masyarakat peduli lingkungan di area sekitar mangrove.

"Diharapkan bahwa penanaman dan perawatan kebersihan mangrove ini dapat terus meningkatkan kuantitas dan kualitas area mangrove di Indocement sebagai lokasi dalam menjaga keanekaragaman hayati, keberlimpahan plasma nutfah disepanjang area mangrove," kata Eva melanjutkan.

Pewarta: Imam Hanafi
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Sering dieksploitasi, Lanal Ternate tanam 1.000 bibit mangrove

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar