... upaya mengembangkan jejaring kemitraan pendidikan kependudukan dengan berbagai pihak... "
Denpasar (ANTARA News) - Perwakilan BKKBN Provinsi Bali menggelar lomba pidato kependudukan melibatkan peserta dari sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) dan perguruan tinggi.

"Kegiatan hingga Selasa (10/6) sebagai upaya mengembangkan jejaring kemitraan pendidikan kependudukan dengan berbagai pihak," kata Kepala Seksi Advokasi dan Komunikasi Informasi Edukasi BKKBN Bali, Nyoman Sumiartha, di Denpasar, Minggu.

Ia mengatakan, peserta yang berasal dari delapan kabupaten dan satu kota di Bali dibagi dalam kategori peserta umum usia 15-24 tahun.

Sebelumnya, kata dia, peserta wajib menulis naskah pidato salah satu dari tema yang telah ditetapkan panitia menyangkut persoalan pengaruh pertumbuhan penduduk terhadap pembangunan bangsa di masa mendatang.

Tema itu antara lain pengaruh pertumbuhan penduduk terhadap kesejahteraan sosial ekonomi, pengaruh pertumbuhan penduduk terhadap kualitas hidup manusia, kehidupan sosial, budaya, dan agama.

Panitia juga memberikan tema pengaruh pertambahan penduduk terhadap kehidupan kemasyarakatan berbangsa dan bernegara serta pengaruh pertumbuhan penduduk terhadap keseimbangan lingkungan dan kelestarian alam.

Panitia akan menetapkan tiga juara dengan hadiah untuk juara I sebesar Rp7 juta, juara II Rp5 juta, dan juara III Rp3 juta.

Pewarta: I K Sutika
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014