Salvador, Brasil (ANTARA News) - Finalis perempat-final Piala Dunia Afrika Selatan empat tahun lalu, Ghana, akan mendapat perhatian publik jika bisa menerobos keluar dari fase Grup G melawan tim kuat seperti Jerman dan Portugal.

Ghana secara kejam tereliminasi pada 2010 oleh Uruguay ketika gol handball Luis Suarez disahkan wasit dan gagal dalam adu pinalti. Namun, kali ini Ghana harus melewati tim yang lebih perkasa seperti Jerman dan Portugal.

Jerman difavoritkan menjadi juara grup karena mempunyai lini depan tajam seperti Mario Goetze, Thomas Mueller, Mesut Ozil, dan Toni Kroos.

Selain itu, Jerman juga punya pencetak gol terbanyak dua edisi Piala Dunia, yakni Mueller dan penyerang gaek Miroslav Klose, dua gol lagi akan membuat Klose menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa.

Der Panzer akan menghadapi Portugal di laga pembuka Grup G pada 16 Juni di Salvador, Jerman menang dua kali dari total tiga kali pertemuan mereka sejak Piala Dunia 1990.

Kemudian Lahm cs akan menghadapi Ghana pada 21 Juni di Fortaleza, di mana Ghana juga pernah dikalahkan pada dua petemuan sebelumnya. Setelah itu menghadapi pasukan Jurgen Klinsmann pada 26 Juni.

"Ketika kami menyalakan tombol turbo, kami bisa melakukan apa pun. Saya menantikan turnamen ini," kata pelatih Jerman Joachim Loew kepada wartawan setelah menggilas Armenia 6-1 di laga persahatan terakhir Jumat lalu.

Tempat kedua diprediksi akan menjadi milik Portugal, karena Ronaldo telah kembali berlatih minggu ini setelah mengalami masalah tendonitis di sekitar lutut kiri dan cedera paha.

Fit atau tidaknya Ronaldo, Ghana dan Amerika Serikat tetap berharap Portugal akan bermain tidak konsisten dan bisa memupuskan harapan mereka lolos dari kualifikasi. Portugal cenderung gagal memanfaatkan peluang untuk menyerang dan membuat mereka dipaksa datang ke Brasil menang agregat atas Swedia 4-2 di babak playoff.

Selain Joao Moutinho, Portugal masih memiliki gelandang bertalenta dan pemain bertahan apik seperti duo Pepe serta Bruno Alves, juga bek energik Joao Pereira serta Fabio Coentrao. Mereka juga mempunyai penyerang Helder Postiga dan Hugo Almeida.

Sementara Ghana punya penyerang bertalenta seperti Asamoah Gyan dan Kevin Prince Boateng untuk membantu Ghana mencetak gol. Pelatih Ghana Kwesi Appiah yakin timnya bisa mencapai babak perempat final seperti Piala Dunia empat tahun lalu.

Pertandingan pertama Ghana yakni melawan Amerika Serikat pada 26 Juni di Recife. Klinsmaan yang kini menjadi pelatih Amerika Serikat merupakan mantan penyerang yang menjadi bagian dari tim nasional Jerman Barat yang memenangi Piala Dunia 1990 dan Euro '96 ketika sudah disatukan.

Klinsmaan juga pernah membawa Jerman ke babak semi-final Piala Dunia sebagai pelatih kepala pada 2006.

"Kami sangat bersemangat untuk waktu yang besar  ini," kata Klinsmann kepada Reuters. "Ini babak yang sulit tetapi kami akan mencari cara untuk bisa lanjut."

Penerjemah: Okta Antikasari
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014